Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sleman kembali menjajaki kerjasama potensial dengan platform digital. Kali ini, Pemkab Sleman menggelar audiensi dengan pihak Kitabisa.com, platform digital yang bergerak di bidang sosial. Audiensi dihadiri langsung oleh perwakilan dari RSUD Sleman dan Puskesmas se-Kabupaten Sleman di Sleman Smart Room, Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sleman, Kamis (28/11/2019).

Kepala Dinas Kominfo Sleman, Eka Suryo Prihantoro, mengatakan bahwa latar belakang pertemuan ini adalah untuk membangkitkan rasa peduli antar sesama. “Kitabisa.com ini telah berhasil membantu masyarakat melalui penggalangan dananya baik mengenai pembangunan daerah, medis, maupun lingkungan,” ujar Eka membuka audiensi.

Menanggapi apa yang disampaikan Eka, tim admin Kitabisa.com, Alfi menyambut baik dan antusias akan ajakan Pemkab Sleman untuk melakukan kerjasama di bidang sosial ini.

Sebelumnya, Alfi menjelaskan terkait proses galang dana di situs kitabisa.com. “Cara awal untuk bisa melakukan penggalangan dana adalah dengan membuat akun profil terlebih dahulu. Membuat profil ini sangat mudah bisa dibuat oleh siapa saja layaknya Facebook karena ini RS dan Puskesmas nanti bisa dibuat atas nama instansi bersangkutan,” papar Alfi.

Ditambahkan Alfi, jika akun telah selesai dibuat, masyarakat bisa langsung menyalurkan bantuannya hanya dengan membuka situs kitabisa.com. Masyarakat pun bisa berdonasi di mana dan kapan pun sesuai dengan batas tenggat waktu yang tertulis.

Selain itu, Alfi mencontohkan penggalangan dana yang sudah dan sedang dilaksanakan oleh pihaknya misalnya bencana alam di Lombok yang diinisiasi oleh Ridwan Kamil, jembatan rusak di Kabupaten Bandung, serta bantuan bagi pasien di RS Hasan Sadikin.

“Harapannya nanti jika kerjasama ini dapat terlaksana, penggalangan dana bisa dikhususkan untuk bidang medis seperti pasien yang membutuhkan biaya pengobatan yang tidak tercover oleh BPJS maupun program Pemkab Sleman lainnya karena di sini banyak yang hadir dari perwakilan RSUD Sleman dan Puskesmas se-kabupaten Sleman,” kata Alfi. (Rep Bilal)