Berdasarkan Peraturan Bupati Sleman Nomor 87 Tahun 2016 Tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi, Serta Tata Kerja Dinas Komunikasi dan Informatika Memutuskan :

Dinas Komunikasi dan Informatika merupakan unsur pelaksana urusan pemerintahan bidang komunikasi dan informatika, urusan pemerintahan bidang persandian, dan urusan pemerintahan bidang statistik yang dipimpin oleh Kepala Dinas yang berkedudukan di bawah dan bertanggung jawab kepada Bupati melalui Sekretaris Daerah.

Dinas Komunikasi dan Informatika mempunyai tugas membantu Bupati melaksanakan urusan pemerintahan dan tugas pembantuan bidang komunikasi dan informatika, bidang persandian, dan bidang statistik.

Dinas Komunikasi dan Informatika dalam melaksanakan tugas mempunyai fungsi:

  1. penyusunan rencana kerja Dinas Komunikasi dan Informatika;
  2. perumusan kebijakan teknis urusan pemerintahan bidang komunikasi dan informatika, urusan pemerintahan bidang persandian, dan urusan pemerintahan bidang statistik;
  3. pelaksanaan, pelayanan, pembinaan, dan pengendalian urusan
    pemerintahan bidang komunikasi dan informatika, urusan
    pemerintahan bidang persandian, dan urusan pemerintahan bidang statistik;
  4. evaluasi dan pelaporan pelaksanaan urusan pemerintahan bidang komunikasi dan informatika, urusan pemerintahan bidang persandian, dan urusan pemerintahan bidang statistik;
  5. pelaksanaan kesekretariatan dinas; dan
  6. pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Bupati sesuai tugas dan fungsinya dan/atau sesuai ketentuan peraturan perundang- undangan.

 

Sekretariat

Sekretariat  mempunyai  tugas  melaksanakan  urusan  umum,  urusan kepegawaian,  urusan  keuangan,  urusan  perencanaan  dan  evaluasi,  serta mengoordinasikan pelaksanaan tugas satuan organisasi.

Sekretariat dalam melaksanakan tugas mempunyai fungsi:

  1. penyusunan rencana  kerja  Sekretariat dan  Dinas  Komunikasi  dan Informatika;
  2. perumusan kebijakan teknis kesekretariatan;
  3. pelaksanaan urusan umum;
  4. pelaksanaan urusan kepegawaian;
  5. pelaksanaan urusan keuangan;
  6. pelaksanaan urusan perencanaan dan evaluasi;
  7. pengoordinasian pelaksanaan  tugas  satuan  organisasi  lingkup  Dinas Komunikasi dan Informatika; dan
  8. evaluasi dan penyusunan laporan pelaksanaan kerja Sekretariat dan Dinas Komunikasi dan Informatika.
  • Subbagian Umum dan Kepegawaian

Subbagian  Umum  dan  Kepegawaian  mempunyai  tugas menyiapkan  bahan pelaksanaan urusan umum dan urusan kepegawaian.

Subbagian  Umum  dan  Kepegawaian  dalam  melaksanakan  tugas  mempunyai fungsi:

  1. penyusunan rencana kerja Subbagian Umum dan Kepegawaian;
  2. perumusan kebijakan  teknis  pelaksanaan urusan  umum  dan  urusan kepegawaian;
  3. pengelolaan persuratan dan kearsipan;
  4. pengelolaan perlengkapan, keamanan, dan kebersihan;
  5. pengelolaan dokumentasi dan informasi;
  6. penyusunan perencanaan kebutuhan, pengembangan dan pembinaan pegawai;
  7. pelayanan administrasi pegawai  dan pengelolaan tata  usaha kepegawaian; dan
  8. evaluasi dan penyusunan laporan pelaksanaan kerja Subbagian Umum dan Kepegawaian.
  • Subbagian Keuangan, Perencanaan dan Evaluasi

Subbagian  Keuangan, Perencanaan  dan  Evaluasi mempunyai  tugas menyiapkan  bahan  pelaksanaan  urusan  keuangan,  urusan  perencanaan  dan evaluasi.

Subbagian  Keuangan, Perencanaan  dan  Evaluasi dalam  melaksanakan  tugas mempunyai fungsi:

  1. penyusunan rencana  kerja  Subbagian  Keuangan, Perencanaan  dan Evaluasi;
  2. perumusan kebijakan  teknis  pelaksanaan  urusan  keuangan,  dan urusan perencanaan dan evaluasi;
  3. pengoordinasian penyusunan  rencana  kerja  Sekretariat  dan  rencana  kerja Dinas Komunikasi dan Informatika;
  4. pelaksanaan perbendaharaan, pembukuan, dan pelaporan keuangan;
  5. pengoordinasian evaluasi dan pelaporan pelaksanaan kerja Sekretariat dan pelaksanaan kerja Dinas Komunikasi dan Informatika; dan
  6. evaluasi dan penyusunan laporan pelaksanaan kerja Subbagian Keuangan, Perencanaan dan Evaluasi.

Bidang Infrastruktur Teknologi Informasi dan Pengendalian Telekomunikasi

Bidang Infrastruktur Teknologi  Informasi  dan Pengendalian Telekomunikasi mempunyai tugas membina  dan  melaksanakan pengelolaan  infrastruktur teknologi informasi, pusat data, dan pengendalian telekomunikasi.

Bidang Infrastruktur Teknologi  Informasi  dan Pengendalian Telekomunikasi dalam melaksanakan tugas mempunyai fungsi:

  1. penyusunan rencana  kerja  Bidang Infrastruktur Teknologi  Informasi  dan Pengendalian Telekomunikasi;
  2. perumusan kebijakan  teknis pengelolaan  infrastruktur jaringan teknologi informasi, pengelolaan pusat data, dan pengendalian telekomunikasi;
  3. pembangunan, pengelolaan  dan  pengembangan  infrastruktur jaringan teknologi informasi;
  4. pengelolaan pusat data;
  5. pengendalian telekomunikasi; dan
  6. evaluasi dan  penyusunan  laporan  pelaksanaan  kerja  Bidang Infrastruktur Teknologi Informasi dan Pengendalian Telekomunikasi.
  • Seksi Infrastruktur Teknologi Informasi

Seksi Infrastruktur Teknologi  Informasi mempunyai  tugas  menyiapkan  bahan pengelolaan infrastruktur teknologi informasi.

Seksi Infrastruktur Teknologi  Informasi dalam  melaksanakan  tugas mempunyai fungsi:

  1. penyusunan rencana kerja Seksi Infrastruktur Teknologi Informasi;
  2. perumusan kebijakan teknis pengelolaan infrastruktur teknologi informasi;
  3. pengelolaan infrastruktur teknologi informasi;
  4. perencanaan, pembangunan,  pengelolaan, dan pemeliharaan  jaringan nirkabel atau hotspot internet;
  5. perencanaan, pembangunan,  pengelolaan, dan pemeliharaan closed  circuit television area publik;
  6. perencanaan, pembangunan,  pengelolaan, dan pemeliharaan  telepon  voip, analog, dan faksimile;
  7. evaluasi dan  penyusunan  laporan  pelaksanaan  rencana  kerja  Seksi Infrastruktur Teknologi Informasi.
  • Seksi Pengelolaan Pusat Data

Seksi Pengelolaan Pusat Data mempunyai  tugas menyiapkan  bahan pengelolaan pusat data.

Seksi Pengelolaan Pusat Data dalam melaksanakan tugas mempunyai fungsi:

  1. penyusunan rencana kerja Seksi Pengelolaan Pusat Data;
  2. perumusan kebijakan teknis pengelolaan pusat data;
  3. perencanaan, pembangunan,  pengelolaan, dan pemeliharaan  ruang pusat data;
  4. perencanaan, pembangunan,  pengelolaan, dan pemeliharaan  secara  fisik data yang dimiliki oleh pemerintah daerah;
  5. perencanaan, pembangunan,  pengelolaan, dan pemeliharaan  server  dari akses pihak yang tidak berhak;
  6. perencanaan, pembangunan,  pengelolaan, dan pemeliharaan  keamanan server dan akses terhadap server;
  7. pelayanan recovery data dan informasi; dan
  8. evaluasi dan penyusunan  laporan  pelaksanaan  rencana  kerja  Seksi Pengelolaan Pusat Data.
  • Seksi Pengendalian Telekomunikasi

Seksi Pengendalian Telekomunikasi mempunyai  tugas  menyiapkan  bahan pembinaan dan pengawasan telekomunikasi.

Seksi Pengendalian Telekomunikasi dalam  melaksanakan  tugas  mempunyai fungsi:

  1. penyusunan rencana kerja Seksi Pengendalian Telekomunikasi;
  2. perumusan kebijakan teknis pembinaan dan pengawasan telekomunikasi;
  3. pembinaan dan pengawasan infrastruktur telekomunikasi;
  4. pembinaan pengelola radio komunitas;
  5. pembinaan dan pengawasan warnet dan game online;
  6. pelayanan rekomendasi  perizinan  infrastruktur  telekomunikasi  dan  radio siaran swasta; dan
  7. evaluasi dan  penyusunan  laporan  pelaksanaan  kerja  Seksi Pengendalian Telekomunikasi.

Bidang Layanan e-Government dan Persandian

Bidang Layanan e-Government dan  Persandian melaksanakan tugas membina dan melaksanakan layanan e-Government dan persandian.

Bidang Layanan e-Government dan  Persandian dalam melaksanakan  tugas mempunyai fungsi:

  1. penyusunan rencana kerja Bidang Layanan e-Government dan Persandian;
  2. perumusan kebijakan teknis layanan e-Government dan persandian;
  3. pelaksanaan dan pembinaan pelayanan e-Government;
  4. pelaksanaan dan pembinaan pelayanan persandian; dan
  5. evaluasi dan  penyusunan  laporan  pelaksanaan  kerja Bidang Layanan e-Government dan Persandian.
  • Seksi Aplikasi dan Integrasi Sistem Informasi

Seksi Aplikasi  dan Integrasi  Sistem  Informasi mempunyai  tugas menyiapkan bahan pengembangan dan pengelolaan aplikasi dan integrasi sistem informasi.

Seksi Aplikasi  dan  Integrasi  Sistem  Informasi dalam  melaksanakan  tugas mempunyai fungsi:

  1. penyusunan rencana kerja Seksi Aplikasi dan Integrasi Sistem Informasi;
  2. perumusan kebijakan  teknis pengembangan  dan  pengelolaan  aplikasi, dan integrasi sistem informasi;
  3. pengembangan dan  pengelolaan  aplikasi  kepemerintahan,  layanan  publik, dan layanan bisnis;
  4. pelayanan interoperabilitas data dan informasi elektronik; dan
  5. evaluasi dan penyusunan  laporan  pelaksanaan  kerja  Seksi Aplikasi  dan Integrasi Sistem Informasi.
  • Seksi Layanan Informatika

Seksi Layanan Informatika mempunyai  tugas menyiapkan  bahan  pelaksanaan dan pembinaan layanan informatika.

Seksi Layanan Informatika dalam melaksanakan tugas mempunyai fungsi:

  1. penyusunan rencana kerja Seksi Layanan Informatika;
  2. perumusan kebijakan teknis layanan informatika;
  3. pelaksanaan pemberdayaan masyarakat informatika;
  4. pengembangan dan pembinaan portal website, domain pemerintah daerah;
  5. pelaksanaan tata kelola e-Government;
  6. pelaksanaan ekosistem Sleman Smart Regency;
  7. pengelolaan dan penyediaan perangkat lunak legal; dan
  8. evaluasi dan  penyusunan  laporan  pelaksanaan  kerja Seksi Layanan Informatika.
  • Seksi Persandian

Seksi Persandian mempunyai  tugas menyiapkan  bahan pelaksanaan  dan pembinaan pelayanan persandian.

Seksi Persandian dalam melaksanakan tugas mempunyai fungsi:

  1. penyusunan rencana kerja Seksi Persandian;
  2. perumusan kebijakan teknis persandian;
  3. pelaksanaan dan pembinaan tata kelola persandian;
  4. pelaksanaan operasional pengamanan persandian;
  5. pengawasan dan evaluasi pelaksanaan persandian; dan
  6. evaluasi dan penyusunan laporan pelaksanaan kerja Seksi Persandian.

Bidang Informasi dan Komunikasi Publik

Bidang Informasi  dan  Komunikasi  Publik melaksanakan  tugas  membina  dan melaksanakan pengelolaan informasi dan komunikasi publik.

Bidang Informasi  dan  Komunikasi  Publik dalam  melaksanakan  tugas mempunyai fungsi:

  1. penyusunan rencana kerja Bidang Informasi dan Komunikasi Publik;
  2. perumusan kebijakan  teknis pelaksanaan  dan  pembinaan informasi  dan komunikasi publik;
  3. pelaksanaan dan pembinaan pengelolaan informasi publik;
  4. pelaksanaan dan pembinaan komunikasi publik;
  5. pelayanan pengaduan masyarakat;
  6. pelaksanaan dan pembinaan data statistik; dan
  7. evaluasi dan penyusunan laporan pelaksanaan kerja Bidang Informasi dan Komunikasi Publik.
  • Seksi Pengelolaan Informasi Publik

Seksi Pengelolaan  Informasi  Publik mempunyai  tugas menyiapkan  bahan pelaksanaan dan pembinaan pengelolaan informasi publik.

Seksi Pengelolaan  Informasi  Publik dalam  melaksanakan  tugas  mempunyai fungsi:

  1. penyusunan rencana kerja Seksi Pengelolaan Informasi Publik;
  2. perumusan kebijakan teknis pengelolaan informasi publik;
  3. pelaksanaan dan pembinaan pelayanan informasi publik;
  4. pelaksanaan dan pembinaan jaringan informasi publik;
  5. pelaksanaan, pembinaan, dan pemantauan  informasi  siaran  radio komunitas; dan
  6. evaluasi dan penyusunan  laporan  pelaksanaan  kerja  Seksi Pengelolaan Informasi Publik.
  • Seksi Komunikasi Publik dan Pelayanan Pengaduan

Seksi Komunikasi  Publik  dan  Aduan mempunyai  tugas menyiapkan  bahan pelaksanaan  dan pembinaan komunikasi  publik, pelayanan  pengaduan,  dan pengelolaan informasi publik.

Seksi Komunikasi  Publik  dan Pelayanan  Pengaduan dalam  melaksanakan tugas mempunyai fungsi:

  1. penyusunan rencana  kerja  Seksi  Komunikasi  Publik  dan Pelayanan Pengaduan;
  2. perumusan kebijakan  teknis pelaksanaan  dan  pembinaan komunikasi publik dan pelayanan pengaduan;
  3. pelaksanaan diseminasi informasi pemerintah daerah;
  4. pengelolaan media informasi pemerintah daerah;
  5. pembinaan dan pelayanan call center;
  6. pengelolaan dan pembinaan sistem informasi pengaduan masyarakat; dan
  7. evaluasi dan  penyusunan  laporan  pelaksanaan  kerja  Seksi Komunikasi Publik dan Pelayanan Pengaduan.
  • Seksi Data Statistik

Seksi Data  Statistik mempunyai  tugas menyiapkan  bahan pelaksanaan  dan pembinaan pelayanan data statistik.

Seksi Data Statistik dalam melaksanakan tugas mempunyai fungsi:

  1. penyusunan rencana kerja Seksi Data Statistik;
  2. perumusan kebijakan teknis pelaksanaan dan pembinaan data statistik;
  3. pelaksanaan dan pembinaan statistik sektoral skala kabupaten;
  4. pelaksanaan kerja sama pengembangan statistik skala kabupaten;
  5. pengoordinasian pelaksanaan sensus,survai skala kabupaten dan nasional; dan
  6. evaluasi dan penyusunan laporan pelaksanaan kerja Seksi Data Statistik.

Kelompok Jabatan Fungsional

  • Kelompok Jabatan  Fungsional  mempunyai  tugas  melaksanakan  sebagian tugas Dinas Komunikasi dan Informatika sesuai dengan keahlian.
  • Jenis dan jumlah jabatan fungsional sesuai dengan kebutuhan