Perkembangan teknologi informasi membawa perubahan yang signifikan dalam kehidupan manusia, termasuk perubahan dalam pelestarian lingkungan hidup. Hal tersebut menjadi latar belakang diadakannya Webinar Pelatihan Fotografi Dan Videografi pada Jumat (7/5/2021) untuk siswa kelas X SMA Negeri 1 Sleman yang terbagi ke dalam 30 sangga.

Webinar tersebut merupakan salah satu rangkaian acara Kegiatan Tutup Tahun Pramuka SMA Negeri 1 Sleman. Bekerja sama dengan Satuan Karya Pramuka Dinas Komunikasi dan Informatika (Saka Kominfo) Kabupaten Sleman, acara tersebut diadakan oleh Dewan Ambalan di SMA Negeri 1 Sleman dengan menghadirkan narasumber dari Sleman Creative Space.

Ahmad Fuad Fazlurrahman selaku Ketua Sangga Kerja Tutup Tahun Kegiatan Pramuka menjelaskan bahwa ilmu fotografi dan videografi dipilih mengingat bahwa fotografi dan videografi menjadi bidang yang sedang digemari oleh siswa saat ini. Selain itu, Fuad menambahkan bahwa banyak orang yang lebih tertarik dengan seni visual sehingga ilmu tentang fotografi dan videografi dipilih.

Dengan adanya perkembangan teknologi informasi, Fuad berharap bisa mengajak orang-orang untuk melestarikan alam. “Sesuai tema membudayakan pelestarian alam, mengajak lewat teknologi informasi yang sedang happening sekarang seperti TikTok, Instagram, SnapChat,” jelas Fuad.

Setelah selesai mendapatkan materi, para peserta nantinya akan mengikuti lomba video pendek (short video) dan fotografi tentang alam sebagai bentuk praktik dari ilmu yang didapat dalam webinar.

Sebagai tindak lanjut, Fuad mengatakan bahwa akan diadakan juga penanaman pohon bagi para peserta secara luring. Agar tidak menimbulkan kerumunan di masa pandemi, setiap sangga hanya mengirimkan perwakilan satu orang peserta untuk mengikuti kegiatan penanaman pohon pada 21 Mei 2021 mendatang di Desa Wisata Watu Purbo, Tempel, Sleman.

Tidak hanya untuk melestarikan alam, tujuan lain dari adanya webinar tersebut adalah memberikan ilmu pengetahuan kepada para peserta yang tertarik untuk membuat video hingga sebagai bekal untuk terjun ke dunia kerja.

Fuad berharap bahwa para peserta bisa mendapatkan ilmu yang baik dan bermanfaat setelah mengikuti webinar dan bisa menyalurkan minat serta bakat ke depannya, baik itu dalam bidang fotografi, videografi, maupun tentang konservasi alam.

“Bisa juga menunjukkan kalau pramuka di SMA Negeri 1 Sleman itu tetap positif di kala pandemi, tidak habis inspirasinya,” tambah Fuad.