Sleman – Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa, menyerahkan hadiah lomba Pertunjukan Rakyat (Pertunra) Bagi Kelompok Informasi Masyarakat Se-Kabupaten Sleman. Acara yang diselenggarakan di Rumah Makan Baleroso pada Sabtu (23/7/2022) itu, turut dihadiri oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Sleman, Panewu Ngaglik, Pembina Komunitas Pecinta Sleman, Ketua Forum Kelompok Informasi Masyarakat (KIM), serta jajaran forkopimda.

Lomba Pertunjukan Rakyat Tahun 2022, merupakan bagian dari upaya sosialisasi berbagai program yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Sleman dengan memanfaatkan seni dan budaya. Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Sleman, Eka Suryo Prihantoro menjelaskan, bahwa Lomba Pertunjukan Rakyat telah dilaksanakan pada hari Minggu, 26 Juni 2022 lalu. Pada tahun ini, para peserta menampilkan pertunjukkan dengan membawakan pesan dan isu modern.

“Kita telah menyaksikan pertunjukan yang menarik di mana para pelaku seni tradisional membawakan pesan dan isu modern seperti Wifi Padukuhan, TV Digital, Melindungi Anak dari Kekerasan Jalanan, dan Perlindungan Data Pribadi,” jelas Eka.

Sementara itu, Wakil Bupati Danang Maharsa menyerahkan secara langsung hadiah berupa tropi, piagam penghargaan, serta uang pembinaan kepada para pemenang. Terdapat 6 Kelompok Informasi Masyarakat yang menerima gelar juara di antaranya, KIM Kertomandiri Kapanewon Turi, KIM Donoharjo Kapanewon Ngaglik, KIM Lumintu Kapanewon Ngemplak, KIM Pararta Guna Kapanewon Gamping, KIM Ceria Kapanewon Pakem, KIM Kapanewon Depok.

Usai menyerahkan hadiah, Wakil Bupati menyampaikan apresiasi serta dukungan terhadap pelaksanaan Lomba Pertunjukan Rakyat Bagi Kelompok Informasi Masyarakat Se-Kabupaten Sleman. Menurut Danang, peran KIM di era keterbukaan informasi saat ini semakin dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dalam mengakses informasi.

“Pada kesempatan ini, saya mendorong KIM Sembada untuk kreatif melakukan pemberdayaan masyarakat terhadap akses informasi dan komunikasi. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah melalui pertunjukan rakyat seperti ini. Sehingga dengan di kemas dalam bentuk pertunjukan rakyat, tentunya akan menjadi lebih menarik untuk disimak,” kata Danang.

Di samping itu, Danang menerangkan bahwa peran KIM yang dekat dengan masyarakat dapat berfungsi sebagai fasilitator warga, Dengan begitu, KIM dapat menjadi terminal informasi yang baik bagi pemerintah dan juga masyarakat. Diharapkan, peran tersebut dapat membangun sinergi yang lebih produktif.