Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Sleman menjadi salah satu narasumber dalam acara Sosialisasi dan Pelatihan Pemutakhiran Data Penduduk dalam Sidesimanis di 17 desa di Kabupaten Sleman. Acara tersebut dilaksanakan di Ruang Rapat Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Sleman, Rabu (19/8/2020).

Peserta pelatihan yaitu Kepala Urusan di 17 desa dan admin Sistem Informasi Desa (SID) di mana setiap kecamatan diambil 1 desa yang dijadikan sebagai Desa Percontohan.

Pemutakhiran data penduduk ini dilakukan dengan menyelaraskan data dari Dinas Dukcapil Sleman dan data terbaru dari desa sehingga didapatkan data valid yang dapat digunakan untuk pelayanan kependudukan.

Pandu Setyoaji, Staf Bidang Layanan e-Government dan Persandian Dinas Kominfo Sleman selaku narasumber menyampaikan poin penting dalam pemutakhiran data penduduk tersebut adalah para peserta mengupdate data penduduk yang nama dusunnya masih kosong.

Disampaikan Pandu usai pelatihan berlangsung, beberapa peserta sudah mempunyai data kependudukan terbaru yang siap untuk dimasukkan ke dalam SID. Oleh karena itu, dalam pelatihan, Pandu memberi kesempatan para peserta untuk menambahkan data kependudukan di SID.

Pandu berharap melalui pelatihan ini, desa percontohan tersebut dapat segera mengisi semua data kependudukan di SID agar dapat segera disinkronkan dengan data kependudukan Dinas Dukcapil Sleman.

“SID ini merupakan gabungan antara sistem dan website, untuk saat ini sedang tahap pengelolaan sistemnya, jika sistem sudah selesai akan dilanjutkan untuk pengelolaan websitenya,” imbuhnya.