Sleman – Mayoritas informasi yang beredar saat ini disebarluaskan menggunakan media sosial ataupun laman digital untuk menjaga keaktualan sebuah informasi. Hal ini dikarenakan sifat media digital yang dapat menyampaikan informasi secara instan. Oleh karena itu, informasi yang akan disampaikan hendaknya dikemas dengan menarik sehingga dapat dilirik oleh masyarakat. Atas dasar itulah, Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Sleman mengadakan Bimbingan Teknis (Bimtek) mengenai desain grafis dan fotografi pada Kamis (9/7/2020).
Bimtek yang diikuti oleh perwakilan Perangkat Daerah di Pemkab Sleman ini diadakan agar informasi yang akan disampaikan di website ataupun media sosial Perangkat Daerah Pemkab Sleman dapat dikemas secara menarik lagi, baik dalam hal konten maupun foto.
“Karena masyarakat saat ini lebih condong mencari informasi via laman digital ya, oleh karena itu kita harus dapat membuat laman digital kita semenarik mungkin sehingga dapat menjadi daya pikat bagi masyarakat,” ujar Noor Hidayati ZP, Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik Dinas Kominfo Sleman ketika membuka Bimtek di Laboratorium Komputer Diskominfo Sleman.
Oleh karena itu, Noor Hidayati mengharapkan para peserta dapat menyerap ilmu baru dan nantinya memperoleh keterampilan baru setelah mengikuti Bimtek ini.
Untuk desain grafis, bimbingan dipandu oleh Agastya Dedi Kusuma, Staf Seksi Pengelolaan Informasi Publik Dinas Kominfo Sleman. Para peserta diajak untuk mencoba menggunakan aplikasi desain grafis yaitu Canva dan Corel Draw. Peserta dikenalkan alat-alat yang terdapat pada aplikasi tersebut dan juga diajak untuk praktik langsung dalam pembuatan sebuah desain.
Agas berpesan bahwa para peserta tidak usah canggung untuk mendesain.
“Karena pada prinsipnya, sebuah desain itu tidak ada yang benar dan tidak ada yang salah. Semuanya tergantung selera,” pesan Agas.
Sementara itu untuk sesi fotografi, bimbingan dipandu oleh Hermantara Dwi Laksana, Staf Media Center Dinas Kominfo Sleman. Para peserta diperkenalkan mengenai tata cara penggunaan kamera untuk mengambil foto sebuah objek, terutama menggunakan kamera ponsel. Peserta diajak untuk memahami bagaimana pencahayaan yang bagus untuk memotret sebuah objek, dan juga apa itu rule of third.
Selain fotografi, peserta Bimtek juga dipandu untuk mencoba mempraktikkan proses pengeditan video menggunakan aplikasi Adobe Premiere. Sama seperti sesi desain grafis, para peserta juga diperkenalkan dengan alat-alat yang akan digunakan untuk mengedit sebuah video. Peserta kemudian diajak untuk mempraktikkan langsung bagaimana proses pengeditan sebuah video pendek.
Herman berpesan bahwa proses pemahaman fotografi dan edit video ini merupakan proses yang panjang sehingga para peserta nantinya harus terus berlatih.
“Karena sama seperti desain, foto dan edit video ini tidak dapat dipahami hanya dalam sekali coba saja. Semua tergantung kemauan kita dalam mendalami prosesnya, karena sangat banyak ilmu yang harus kita praktekkan sendiri untuk benar-benar menguasainya,” pesan Herman.