Wilayah kabupaten Sleman yang terdiri dari 17 kecamatan memang saat ini relatif terjangkau dalam hal transportasi dan komunikasi. Namun begitu, era sekarang ini begitu menuntut kecepatan pertukaran informasi dan sekat berupa jarak dan ruang telah ditembus oleh teknologi informasi.

Sejalan dengan perkembangan zaman itu Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sleman sebagai penanggungjawab sistem telekomunikasi antar Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Sleman memanfaatkan teknologi komunikasi berupa komunikasi jarak jauh (video conference) dalam memperbarui cara berkomunikasi antar OPD. Komunikasi jarak jauh ini bertujuan untuk mempermudah koordinasi antara Kecamatan dengan Pimpinan Daerah (Bupati, Sekda, Asisten Sekda) serta mewujudkan visi smart regency di Sleman.

Untuk memperkenalkan teknologi ini Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sleman melakukan pelatihan teleconference bagi petugas kecamatan Selasa (11/14) di Smart Room Dinas Kominfo Sleman. Pelatihan tersebut dihadiri perwakilan dari seluruh  kecamatan di wilayah Kabupaten Sleman dengan menghadirkan narasumber Saksomo Ardi Wijaya dari PT. Inovasi Telematika Nusantara.

Aplikasi yang digunakan untuk video conference tersebut adalah V-meetPro Video Conference. Aplikasi tersebut berbasis UC (Unified Communication) yang memfasilitasi pertemuan, information/knowledge sharing, kolaborasi, presentation dan e-learning dengan koneksi internet berbandwidth rendah. Selain digunakan untuk komunikasi jarak jauh aplikasi ini juga bisa digunakan untuk mengirim file dan presentasi, yang berguna apabila antar kecamatan ingin melakukan rapat/presentasi.

Proses instalasi V-meetPro Video Conference dibantu oleh narasumber yang kemudian diikuti oleh semua perwakilan dari Kecamatan. Selain V-meetPro Video Conference, juga dilakukan instalasi Team Viewer yaitu aplikasi yang digunakan untuk memantau dan meremote apabila ada kerusakan di V-meetPro Video Conference.

Ke depannya diharapkan setiap kecamatan dapat memanfaatkan aplikasi tersebut untuk menunjang kecepatan bekerja dan berkoordinasi.