Dinas Kominfo Sleman tengah menggencarkan program pelatihan peningkatan kapasitas perangkat desa. Perangkat desa didorong untuk dapat mengikuti perkembangan teknologi agar tidak tertinggal.

Selain subdomain website desa yang sedang diperkenalkan, subdomain email desa pun menjadi bahan pembelajaran. Karenanya, Dinas Kominfo Sleman rutin mengadakan pelatihan subdomain email desa, salah satunya yang berlangsung pada Selasa (24/9/2019) di Laboratorium Komputer Dinas Kominfo Sleman lantai 3.

Pelatihan ini diikuti oleh beberapa perangkat desa yang nantinya akan menjadi pengelola email di masing-masing desa.

Pandu Setyoaji, selaku narasumber pelatihan mengatakan bahwa ke depan persuratan akan beralih ke elektronik. “Nantinya surat yang saat ini dikirim secara manual akan beralih ke surat elektronik yaitu email,” kata Pandu.

Dalam pelatihan ini, Pandu mengenalkan email khusus pemerintahan di Kabupaten Sleman dan cara menggunakan email baik mengirim maupun menerima kepada para peserta.

“Email yang digunakan yaitu email khusus pemerintahan, berbeda dengan email yang sering kita gunakan maka perlu adanya pelatihan agar bisa mengelola saat kembali di desa,” tambah Pandu.

Ditambahkan Pandu, selain bisa mengirim dan menerima surat secara elektronik, terdapat beberapa fitur yang dapat digunakan oleh para peserta, yakni fitur chat, kontak, kalender, dan task schedule.