Bidang Informasi dan Komunikasi Publik, Dinas Kominfo Sleman menyelenggarakan Bimbingan Teknis Layanan 112 bagi karyawan Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana (Pusdalops) BPBD Sleman, pada Selasa (28/1/2020) di Kantor Pusdalops BPBD, Pakembinangun, Pakem.

Rohman Efendi, Calltaker 112 Dinas Kominfo Sleman dalam kesempatan tersebut memberikan pengenalan aplikasi yang digunakan oleh calltaker 112.

10 peserta yang terdiri dari 7 orang operator Pusdalops dan 3 orang dari Tim Reaksi Cepat (TRC) ini nantinya akan bertugas sebagai calltaker 112 Kabupaten Sleman. Oleh karena itu, menurut Rohman memahami cara kerja aplikasi tersebut merupakan hal yang wajib.

“Jadi nanti calltaker inilah yang akan menerima telepon yang masuk ke 112 karena itu perlu untuk merasa familiar dalam menggunakan aplikasi ini,” beber Rohman.

Layanan 112 ini nantinya akan mengintegrasikan seluruh nomor-nomor layanan gawat darurat yang selama ini telah digunakan di Kabupaten Sleman, seperti dari Dinas Kesehatan Sleman, BPBD Sleman, Damkar Sleman, dan Dinas Perhubungan Sleman. Karenanya, dikatakan Rohman sebagai calltaker, setiap personel harus mempelajari SOP (Standar Operasional Prosedur) awal ketika menerima telepon.

“Dalam manual book kami sebut dengan greeting, yakni Sleman 112, kegawatdaruratan apa yang diinformasikan, ini yang pertama kali akan disebutkan oleh calltaker kepada si penelepon,” jelas Rohman.

Usai mengatakan greeting, calltaker lanjut Rohman akan meminta data informasi dari penelepon secara lengkap, seperti nama, lokasi kejadian, peristiwa yang terjadi, nomor telepon, dan alamat lengkap.

“Data informasi ini berguna untuk mempermudah koordinasi dengan perangkat daerah terkait peristiwa tersebut, misalnya kebakaran maka kami bisa langsung berkoordinasi dengan Damkar Sleman,” lanjutnya.

Mengingat calltaker akan bekerja selama 24 jam, Rohman berharap apabila layanan 112 ini sudah diluncurkan, masyarakat bisa memanfaatkannya dengan sebetul-betulnya.

“Layanan 112 ini mudah diingat, bebas pulsa dan gratis,” ucap Rohman.