Layanan pengantaran dokumen menjadi produk yang ditonjolkan Grab dalam rencana kerja samanya dengan Pemkab Sleman. Layanan ini jugalah yang telah dilakukan Grab dengan beberapa pemerintah daerah di Indonesia, seperti Pemerintah Kota Tegal. Hal tersebut disampaikan Nur Wahid Hidayat, Government Relation Grab untuk area Yogyakarta, Jumat (31/1/2020) dalam audiensi bersama Pemkab Sleman di Sleman Smart Room.

Nur Wahid mengatakan, Pemerintah Kota Tegal yang sudah meneken MoU kerja sama sebelumnya, mengkhususkan pada pengantaran dokumen kependudukan, seperti akta kelahiran, surat kematian, surat keterangan kependudukan, ktp-el, dan lain sebagainya.

“Kami menyediakan armada pengantaran dokumen dan laporan perjalanan elektronik yang transparan,” ungkap Nur Wahid.
Jasa pengantaran dokumen ini menurut Wahid dapat membantu mengurangi adanya penumpukan dokumen kependudukan pada pihak pemerintah karena Grab telah mendistribusikan dokumen langsung kepada masyarakat.

Saat disinggung soal keamanan data, pihak Grab pun menjamin keamanan data dari dokumen yang diantarkan akan terjaga dengan baik.

“Kita sangat menjaga sekali keamanan data, 7 tahun ini kita berkecimpung di Asia, belum ada leak data, kepolisian pun kalau meminta data ke kita, kita tidak bisa sembarangan memberi, tetap harus ada surat dan prosedural yang ketat,” beber Nur Wahid.

Nur Wahid menambahkan, melihat potensi UMKM Kabupaten Sleman, sebenarnya layanan pengantaran tidak terbatas pada dokumen saja melainkan pengiriman dalam bentuk barang memungkinkan pula.

“Misal kita bantu UMKM mengirim barangnya, ini salah satu program kita untuk mengembangkan UMKM dan membantu UMKM mendigitalisasikan lokasi mereka,” tukasnya.

Tentu, layanan pengantaran baik dokumen dan barang ini disambut baik oleh Pemkab Sleman. RSUD Prambanan yang tengah menyusun program katering diet pun laiknya mendapat solusi.

“RSUD Prambanan sedang mengembangkan katering diet dan kita sedang memikirkan proses pengantarannya, semoga dengan ini bisa,” ucap Widyanto Agus Rahmadi, Kepala Seksi Pelayanan Penunjang dan Sarana Pelayanan Kesehatan RSUD Prambanan.