Dinas Kominfo Kabupaten Bantul melakukan kunjungan ke Dinas Kominfo Kabupaten Sleman, pada Kamis (4/4/2019). Kunjungan diterima langsung oleh Kepala Dinas Kominfo Sleman, Eka Suryo Prihantoro di Sleman Smart Room, lantai 3, Dinas Kominfo Sleman.

Dian Mutiara Sri Rahmawati, Sekretaris Dinas Kominfo Bantul mengutarakan maksud kunjungannya adalah untuk bersilaturahmi. “Selain itu, kami juga ingin belajar dari Kominfo Sleman dan ternyata setelah kami datang ke sini kami kaget dan takjub karena berbeda sekali dengan tempat kami di Bantul,” ujar Dian.

Ketakjuban ini Dian ungkapkan sebagai harapan agar bisa menginspirasi pihaknya dalam membangun Bantul agar bisa memiliki daya saing dengan Sleman.

Tujuan khusus lainnya dalam kunjungan ini disampaikan Dian adalah untuk belajar terkait Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID).

“Sesuai dengan Undang-undang Keterbukaan Informasi Publik, ada step-step yang harus dilaksanakan sementara di Bantul ini masih sangat-sangat minim sehingga kami selaku pejabat PPID Bantul ingin belajar mengenai regulasinya, SOPnya, dan bagaimana cara penanganannya jika ada masalah, pun bagaimana uji konsekuensi terkait dengan DIK, dan sebagainya,” jabar Dian.

Dian tak hanya membawa rombongan yang berasal dari Dinas Kominfo Bantul saja, tetapi dari berbagai Perangkat Daerah, seperti Bagian Organisasi, Bagian Hukum, dan BKAD. Harapannya, melalui kunjungan ini, masing-masing personel yang ia bawa dapat lebih memahami tupoksinya.

Kunjungan dari Dinas Kominfo Bantul ini kemudian disusul oleh Dinas Kominfo Sidoarjo. Lain halnya dengan Bantul, rombongan Sidoarjo hadir untuk belajar terkait pemanfaatan dan pemeliharaan perangkat pendukung jaringan fiber optic. Selain melakukan diskusi bersama, di akhir kunjungannya rombongan Sidoarjo juga berkesempatan mengunjungi Ruang Data Center Dinas Kominfo Sleman.