Sleman – Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sleman menerima kunjungan dari Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Pekalongan di Sleman Smart Room, Kamis (23/01/2020).

Bambang Wijanarko selaku Kepala Seksi Infrastruktur dan Teknologi Informasi Diskominfo Kabupaten Pekalongan menyampaikan tujuan dari kunjungan tersebut karena pihaknya ingin melihat langsung dan mengetahui lebih lanjut terkait command center dan data center dari Diskominfo Sleman sendiri.

“Kami lihat bahwa Sleman ini lebih maju dan kami bertujuh ke sini terkait dengan rencana pengembangan command center dan juga data center,” ungkapnya

Merespon kunjungan dari Diskominfo Pekalongan, Edi Haryanto selaku Kepala Seksi Pengelolaan Pusat Data Diskominfo Sleman memberikan pemaparan terkait pengembangan command center dan juga data center yang ada di Diskominfo Sleman. “Command center Diskominfo Sleman sementara berada di smart room dan data center berada di lantai 1 Gedung Diskominfo,” paparnya.

Edi memaparkan terkait fasilitas pendukung yang disediakan data center Diskominfo Sleman. “Untuk fasilitas pendukung data center kami ada 7 rak server, kemudian dilengkapi dengan alat pemadam api, CCTV, sensor panas dan asap, sistem fire supression dan tenaga operasi jaringan shift 24 jam,” jelas Edi.

Edi menambahkan, untuk area data center sendiri dibagi 2 area di mana ada area khusus ke data server dan ada area khusus pengunjung. “Untuk akses pintu hanya personel kami yang bisa masuk ke dalam dan dilengkapi dengan sensor, kalau tamu biasanya tidak sampai masuk ke area server,” beber Edi. (Rep Naci)