Kepala Dinas Kominfo Sleman, Eka Suryo Prihantoro, menyapa almamaternya dalam event Reuni Akbar Departemen Ilmu Komputer dan Elektronika, Sabtu (14/9/2019) di Auditorium Fakultas MIPA, UGM. Di kesempatan tersebut, Eka tampil sebagai narasumber talkshow yang bertema “Sinergi Akademik, Pemerintahan dan Industri di Era Transformasi dan Disrupsi Digital”.

Mulanya, Eka mengenalkan Smart Regency yang tengah digadang-gadang oleh Pemerintah Kabupaten Sleman kepada audiens yang mayoritas adalah mahasiswa Departemen Ilmu Komputer dan Elektronika, Fakultas MIPA, UGM ini.

“Dalam Smart Regency ini pemanfaatan teknologi informasi itu tentu perlu untuk memaksimalkan pelayanan publik dari pemerintah,” ujar Eka.

Dikatakan Eka, teknologi informasi ini kini telah teraplikasi di hampir semua komponen Sleman Smart Regency, mulai dari smart governance, smart economy, smart society, smart branding, smart living, dan smart environment.

“Contohnya saja smart governance, untuk mendukung kinerja pemerintah kita punya Lapor Sleman, aplikasi yang menjadi kanal aduan masyarakat kepada pemerintah Kabupaten Sleman, ada juga Sleman Mobile PBB yang bisa membantu masyarakat Sleman mengetahui pokok pajak per tahun serta riwayat pembayaran 5 tahun sebelumnya,” jabar Eka.

Eka menambahkan untuk mensukseskan program-program Smart Regency ini tentunya, Pemerintah Kabupaten Sleman memerlukan infrastruktur yang mumpuni. “Telah kami siapkan infrastruktur pendukungnya, seperti Data Centre Terpadu, jaringan integrasi fiber optic dan wireless, serta Sleman Smart Room,” urainya.

Di akhir diskusinya, Eka berharap mahasiswa yang hadir dapat berpartisipasi dalam upaya mewujudkan Sleman Smart Regency ini.

“Nanti kalian lah yang akan menghadapi revolusi 4.0 di mana teknologi informasi akan maju kian pesat, jadi siapkan diri kalian sebaik mungkin agar bisa memberikan kontribusi terbaik kalian,” tutup Eka.