Sleman – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Sleman menggelar Sosialisasi Kanal Informasi Smart City di Sleman Smart Room pada Kamis (7/10/2021).

Dedy Dwi Cahyono, Kepala Seksi Layanan Informatika Diskominfo Sleman menuturkan bahwa kegiatan ini merupakan upaya Diskominfo untuk memfasilitasi program Smart City, sehingga setiap OPD di Kabupaten Sleman dapat menerapkan program Smart City secara maksimal.

“Salah satu kegiatan kami (Diskominfo) adalah sosialisasi terkait program Sleman Smart Regency ini,” ungkap Dedy.

Dedy juga memaparkan kondisi penerapan Sleman Smart Regency di Kabupaten Sleman, di antaranya adalah mengakomodir beberapa aplikasi untuk pelayanan publik di Smart Living dan Smart Society. “Seperti aplikasi Peduli Lindungi adalah salah satu yang sedang dibangun oleh pemerintah pusat yang diaplikasikan, dimanfaatkan, dan diimplementasikan oleh masyarakat,” jelas Dedy.

Selain itu, ada juga perkembangan terhadap Smart Branding yang terkait dengan era Revolusi Industri, bagaimana pelaku usaha dapat memiliki nilai dan daya saing yang tinggi.

“Kementerian Perindustrian pun sudah me-launching yang namanya Making Indonesia 4.0, disini berbagai macam prioritas terkait industri makanan, kemudian tekstil, kimia dan lingkungan otomotif didorong agar bisa ikut bersaing di dalam era industri 4.0 terkait dengan persaingan global,” jelas Dedy lagi.

Dedy berharap, dengan sosialisasi yang diberikan oleh Diskominfo ini dapat memberikan penjelasan tentang apa dan bagaimana Sleman Smart Regency diterapkan di Kabupaten Sleman.

Sosialisasi ini juga mendapatkan tanggapan positif dari beberapa OPD yang hadir. Kepala Bidang Pengembangan Sistem dan Pelayanan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sleman, Yuni Prasetyo Budi Ilmawan mengatakan setelah mengikuti Sosialisasi Sleman Smart City ini, ia lebih memahami arah Sleman Smart City ini mau dibawa kemana, dan jadi lebih mengetahui posisi OPD nya dimana dalam mendukung dan menyukseskan Sleman Smart City.

“Setelah melihat data tadi, Instansi kami mendukung di Smart Living, Alhamdulilah itu sudah relatif tercapai,” ujar Prasetyo.

Sementara itu, Achmad Raharjo, Kepala Bidang Politik Dalam Negeri dan Ketahanan Nasional Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Sleman mengatakan Smart City di Kabupaten Sleman telah mengalami perkembangan yang pesat.

“Alhamdulilah sudah bagus, sudah berkembang pesat untuk Sleman, tapi tentunya masih banyak hal-hal yang bisa dieksplor khususnya pemanfaatan IT di masing-masing OPD di Sleman,” jelas Achmd Raharjo. (Rep Rahayu)