Sleman – Dalam rangka mewujudkan keterbukaan informasi publik pada tingkat Kalurahan, Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sleman menggelar Workshop Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Kalurahan, Rabu (19/1/2022), di Aula Lantai 3 Sekretariat Daerah Kabupaten Sleman.

Workshop menghadirkan langsung narasumber dari PPID DIY, Sri Surani selaku Komisioner Informasi Daerah (KID) Daerah Istimewa Yogyakarta. Workshop dibuka oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sleman, Eka Suryo Prihantoro, serta Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kalurahan Kabupaten Sleman, Samsul Bakri.

“Saya berharap masing-masing kalurahan dapat membentuk PPID untuk menjamin pemenuhan kebutuhan masyarakat akan informasi publik di kalurahan dan dapat meningkatkan partisipasi aktif masyarakat dalam membangun kalurahan serta meningkatnya kepercayaan masyarakat terhadap kinerja pemerintah kalurahan,” ujar Eka Suryo Prihantoro

Kegiatan dimulai dengan sesi diskusi bersama yang diikuti dengan presentasi oleh Sri Surani mengenai tata cara pelaksanaan PPID pada tingkat Kalurahan. Sri Suriani juga memberikan solusi bagi kalurahan yang masih memiliki masalah dalam mengembangkan PPID di daerahnya.

Sri Surani menambahkan bahwa informasi publik penting bagi kalurahan karena kalurahan memegang tanggungjawab masuk keluarnya informasi publik yang dapat dilihat untuk masyarakat agar program Kalurahan dapat terlaksana dengan baik.

“Kami berharap desa atau kalurahan di Sleman juga mempunyai PPID desa, meskipun sekarang sudah terbentuk namun sebagian sebesar belum, perkembangan dari pembentukan ini menjadi lebih cepat. Sehingga diharapkan kita Yogyakarta menjadi pelopor untuk keterbukaan informasi publik di Kalurahan dapat terwujud,” ujar Sri Surani. (Rep Qashmal)