Komunikasi dan informasi, merupakan dua hal berkaitan yang sangat diperlukan di era globalisasi. Mengetahui bagaimana cara mengemas keduanya dengan menarik tentu menjadi sangat penting.

Dengan latar belakang tersebut, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Sleman menyelenggarakan bimbingan teknis Konten Media Digital, di Ruang Aula Lantai 3 Sekretariat Daerah Kabupaten Sleman, Rabu (4/9).

Bimbingan teknis ini diikuti oleh 150 peserta yang terdiri dari seluruh Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) se-Kabupaten Sleman, perwakilan dari karang taruna dan juga seluruh admin OPD website perangkat daerah Kabupaten Sleman.

Ditemui saat pembukaan bimbingan teknis, Kepala Diskominfo Sleman Intriati Yudatiningsih mengatakan, bahwa pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas diri para penggiat informasi. Hal ini sangat penting untuk mendukung Sleman menuju smart regency.

“Dinas Kominfo menyelenggarakan kegiatan bimtek yang diikuti oleh Kelompok Informasi Masyarakat yang terdiri dari anak anak muda KIM, juga dari karang taruna. Selain itu dari OPD, agar para penggiat informasi tersebut bisa secara bijak dalam mengemas informasi sehingga menarik bagi yang melihat nanti,” kata Intri.

Intri menekankan bahwa  zaman yang terus berkembang jelas menuntut adanya inovasi dari segi pengemasan komunikasi dan informasi. Oleh karena itu, bimbingan teknis ini sangat penting untuk meningkatkan kapasitas dan kualitas para peserta dalam  pengemasan informasi yang diberikan kepada masyarakat.

Sehingga informasi yang dimaksud atau informasi yang disampaikan tepat dan makna dari informasi itu bisa benar-benar bisa dipahami si penerima informasi.

Materi yang disampaikan dalam bimbingan teknis ini meliputi tiga tema, yakni Strategi Pengelolaan Konten Media Digital oleh Arif Lukman Hakim, Pemanfaatan Infografik sebagai Media Komunikasi oleh Wing Wahyu Winarno, dan Dasar-Dasar Fotografi Digital oleh Wahyu W.Basjir.

Tiga topik yang disampaikan oleh tiga narasumber berbeda ini, ternyata sangat menarik minat para peserta. Salah satu peserta bimbingan teknis, dari KIM Ngemplak, Bibit Widayoko menuturkan bahwa motivasinya untuk mengikuti bimbingan teknis ini sangat tinggi. Pelatihan seperti ini sangat dibutuhkan untuk meningkatkan kapasitas diri para peserta.

“Baik yang muda maupun yang tua, sangat butuh acara seperti ini untuk me-upgrade otak kita yang mungkin masih di level bawah sekarang dipancing ke level atas,” ucap Bibit.

Bibit menambahkan peningkatan kapasitas diri di sini dikhususkan pada segi teknologi. Karena, menurutnya ini salah satu upaya dari Kelompok Informasi Masyarakat untuk mendukung Sleman Smartcity.

Ke depannya, lelaki yang juga aktif di Karang Taruna Wedomartani Ngemplak ini berkomitmen akan menularkan ilmu yang didapatnya ke anggota KIM dan karang taruna lainnya.

“Pasti akan kami gulirkan juga teknologi-teknologi seperti ini. Bahkan mungkin kami akan merangkul Kominfo untuk turun ke radio komunitas kami,” tambah Bibit, dan berharap akan adanya bimbingan teknis lanjutan guna memperdalam  pengetahuannya terkait konten media digital.