Di era digital seperti sekarang ini website menjadi salah satu kanal utama yang digunakan untuk pelayanan informasi ke masyarakat. Dinas Komunikasi dan Informatika Sleman terus melakukan pembinaan agar website milik perangkat daerah di Sleman bisa terus aktif.

Pembinaan ini melalui bimbingan teknis (bimtek) mengenai operasional maupun konten website untuk admin perangkat daerah Kabupaten Sleman, Kamis (4/7/2019) di Laboratorium Komputer Dinas Kominfo Lantai 3.

Dedy Dwi Cahyono, Kepala Seksi Layanan Informatika Dinas Kominfo Sleman menyampaikan bahwa dalam pelatihan kali ini peserta diharapkan dapat mengikuti dengan runtut materi yang disampaikan oleh narasumber, “Setelah bimtek kali ini diharapkan peserta dapat mengerti pengelolaan web secara teknis, update berita sampai dengan tampilan web masing-masing instansi”.

Di Sleman website instansi menjadi salah satu keluaran kinerja sehingga setiap triwulan ada evaluasi baik dari sisi keaktifan informasi maupun tampilan website.

Sedangkan bagi desa, website saat ini masih menjadi barang baru untuk digunakan sebagai kanal informasi. Dinas Kominfo Sleman giat mendorong desa agar memiliki website sendiri, dan ini difasilitasi dengan menyediakan domain dan hosting gratis untuk website desa.

“Kami ingin mengajak teman-teman admin Kecamatan Mlati dan desa-desa untuk mengikuti pelatihan web serupa,” kata Sunyi, admin website Kecamatan Mlati. Meskipun belum semua desa di wilayahnya dapat mengikuti bimtek kali ini, ke depannya Sunyi ingin mengikutsertakan semua admin web desa se-Kecamatan Mlati.

Bimtek ini diikuti 25 admin website perangkat daerah, Unit Pengelola Teknis, dan pemerintah desa. Para peserta juga diberikan buku saku “Panduan Pengelolaan Website Berbasis WordPress” versi 1.0 yang dapat dipraktekkan kembali ketika kembali ke instansi masing-masing