Sebagai bentuk pelaksanaan ketugasan dari LPSE, dimana LPSE melaksanakan pelayanan publik dalam hal pelayanan pelatihan dan dukungan teknis pengoperasian sistem pengadaan secara elektronik kepada pengguna LPSE, maka pada tanggal 15 Nopember 2017 UPT LPSE Sleman kembali menyelenggarakan bimtek/pelatihan SPSE v4 bagi Penyedia Barang dan Jasa di Ruang Rapat Lt 2 Dinas Kominfo. Bimtek ini merupakan bimtek bagi penyedia angkatan ke-6 yang diselenggarakan tahun 2017 dimana setiap angkatannya berjumlah 10 orang.

Aplikasi SPSE versi 4 sudah mulai diterapkan pada tahun 2014 yang merupakan pengembangan dari versi sebelumnya yaitu versi 3.6. Beberapa keunggulan dari aplikasi versi terbaru adalah kemudahan dalam pembuatan dokumen lelang yang sudah terintegrasi di dalam sistem, kemudahan penggunaan Apendo baik untuk penyedia maupun pokja, serta terdapat fitur lelang cepat untuk mendukung pelaksanaan Inpres Nomor 1 Tahun 2015 tentang Percepatan Pelaksanaan Pengadaan  Barang/Jasa Pemerintah.

Bimtek dipandu langsung oleh Tim trainer maupun tim teknis dari UPT LPSE. Di dalam bimtek peserta diberikan praktek cara pengoperasian SPSE v4 dan Apendo versi 4 mulai dari cara mengikuti paket lelang sampai dengan cara upload dokumen penawaran. Selain itu, peserta juga diberikan pengetahuan dan pengenalan mengenai fitur lelang cepat pada SPSE v4 dan cara pengisian SIKaP (Sistem Informasi Kinerja Penyedia). Pengisian SIKaP merupakan salah satu syarat wajib bagi penyedia agar dapat mengikuti lelang cepat.

Dengan pelaksanaan bimtek ini diharapkan penyedia sudah memahami dan mengetahui cara mengikuti lelang pada SPSE v4 sehingga pada saat Pokja melaksanakan lelang menggunakan SPSE v4 sudah tidak ditemui lagi kendala yang berarti.