E-Purchasing adalah tata cara pembelian Barang/Jasa melalui sistem katalog elektronik. E-puchasing masuk ke dalam lingkup pengadaan secara elektronik (e-procurement).  Pengetahuan terhadap aturan-aturan e-Purchasing serta tata cara pelaksanaan e-Purchasing melalui aplikasi e-katalog perlu dipahami oleh unit kerja yang akan melaksanakan e-Purchasing sehingga diharapkan tidak terjadi kesalahan dalam pelaksanaannya dan pengadaan barang/jasa dapat berjalan lancar.

Untuk mendukung tujuan tersebut, UPT LPSE mengadakan bimtek e-Purchasing bagi UPT Puskesmas. Bimtek dilaksanakan pada tanggal 30 Nopember 2017 bertempat di Ruang Rapat Lantai 2 Dinas Kominfo. Bimtek ini diikuti oleh 10 peserta yang berasal dari 10 Puskesmas yaitu Puskesmas Mlati 2, Puskesmas Gamping 1, Puskesmas Godean 2, Puskesmas Ngalik 1, Puskesmas Berbah, Puskesmas Godean 1, Puskesmas Sleman, Puskesmas Depok 3, Puskesmas Moyudan, dan Puskesmas Kalasan.

UPT Puskesmas merupakan salah satu unit kerja di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sleman yang juga melaksanakan pengadaan melalui e-katalog secara mandiri (tidak melalui Dinas Kesehatan) meskipun tidak dilaksanakan rutin setiap tahun. Hal ini juga terkait dengan Kepala UPT Puskesmas sebagai KPA yang juga menjabat sebagai PPK. Sehingga tata cara dan pemahaman mengenai e-purchasing sangat diperlukan.

Bimtek dipandu langsung oleh Tim trainer maupun tim teknis dari UPT LPSE. Di dalam bimtek peserta diberikan praktek cara pembelian serta simulasi e-katalog. Dengan simulasi e-purchasing yang dimulai dari pemaketan di RUP hingga selesai proses pembelian melalui e-katalog diharapkan pelaksanaan e-purchasing di UPT Puskesmas dapat berjalan dengan baik.