Salah satu upaya menekan penyebaran Covid 19, Pemkab Sleman melalui Dinas Komunikasi dan Informatika melaksanakan pelatihan penggunaan aplikasi Zoom Meeting, yang digunakan untuk rapat dengan metode telekonferensi video.

Pelatihan tersebut dilaksanakan selama 4 hari, Kamis-Jumat (26-27 Maret 2020) dan Senin-Selasa (30-31 Maret 2020) di Laboratorium Dinas Kominfo yang dihadiri perwakilan perangkat daerah se-Kabupaten Sleman.

Peserta pelatihan dibagi dalam 2 sesi setiap harinya dengan maksimal peserta 8 perangkat daerah.

Yusak Hendrawan, Kepala Seksi Persandian Dinas Kominfo Sleman yang bertindak sebagai narasumber mengatakan bahwa hal utama yang ditekankan dalam pelatihan tersebut adalah bagaimana peserta dapat melakukan join meeting dengan aplikasi Zoom Meeting pada sebuah rapat telekonferensi video.

Saat proses pelatihan penggunaan aplikasi Zoom Meeting Yusak menjelaskan bagaimana cara mengundang rapat melalui aplikasi Zoom, melakukan share screen, dan presentasi melalui aplikasi Zoom.

Diharapkan Yusak, usai pelatihan ini semua perangkat daerah dapat melaksanakan rapat online menggunakan aplikasi Zoom Meeting tanpa harus bertatap muka secara langsung.

Sebab menurut Yusak, rapat online dengan metode telekonferensi dapat digunakan ketika situasi darurat, seperti diharuskannya mengambil kebijakan secara cepat dan tepat.

“Selain itu dapat dimanfaatkan ketika situasi sedang tidak memungkinkan untuk berkumpul seperti saat wabah virus Covid 19 saat ini,” tandasnya.