Sleman – Terwujudnya masyarakat sleman yang lebih sejahtera, mandiri, berbudaya dan terintegrasikannya sistem e- government menuju smart regency (kabupaten pintar) pada tahun 2020 merupakan visi Kabupaten Sleman. Demi mewujudkan visi tersebut partisipasi aktif masyarakat sangat penting dalam membangun pemerintahan yang baik salah satunya melalui kanal – kanal aduan. 

Hal tersebut menjadi dasar Dinas Komunikasi dan Informatika untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam memberikan kontribusi kepada Pemerintah Kabupaten Sleman. Salah satu kemudahan tersebut dapat dimanfaatkan masyarakat melalui aplikasi Lapor Sleman. Lapor Sleman saat ini sudah bisa diunduh melalui Play Store Android.

Lapor Sleman aplikasi berbasis mobile yang dapat digunakan masyarakat untuk melaporkan setiap kejadian yang ada secara real time. Aplikasi ini merupakan salah satu contoh aplikasi berbasis IT untuk mendukung program smart regency di Kabupaten Sleman. Lapor Sleman akan diluncurkan pada pertengahan bulan maret tahun 2017 ini.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, mengatakan pemanfaatan teknologi harus efisien dan efektif maka perlu dioptimalkan untuk memudahkan pelayanan publik. Dengan pemanfaatan tersebut mampu memberikan pemecahan masalah dengan cepat dan tepat sesuai sasaran” saat pelatihan operator aplikasi Lapor Sleman di Lantai 3 Ruang Rapat Sekretariat Daerah B Kompleks Kantor Bupati Sleman, Kamis (2/3).

Diharapkan dengan aplikasi Lapor Sleman setiap kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) mampu memonitor secara langsung keluhan – keluhan masyarakat yang disampaikan. Sehingga solusi untuk suatu masalah dapat cepat diputuskan sesuai bidang OPD masing – masing.

Selain itu, Kepala Dinas Kominfo juga menyampaikan smart regency tidak selalu berbasis IT namun dengan IT diharapkan memberikan kemudahan baik pemerintah maupun masyarkat.