Sleman – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Sleman menerima kunjungan kerja dari DPRD Kab. Ponorogo di Smart Room Diskominfo Sleman, Jumat (27/05/2022). Kunjungan yang dipimpin oleh Wakil Ketua Komisi A DPRD Kab. Ponorogo, Agung Priyanto ini diterima langsung oleh Kepala Bidang Infrastruktur Teknologi Informasi dan Pengendalian Telekomunikasi, Aris Bintoro. Kunjungan tersebut membahas mengenai program pengembangan internet pada daerah.

Pihak DPRD Ponorogo menyampaikan bahwa Kab. Ponorogo membuat program internet untuk setiap RT di Kabupatern Ponorogo. Oleh karena itu DPRD Ponorogo datang langsung untuk studi banding di Kab. Sleman mengenai pengembangan internet gratis untuk daerah.

“Jadi kita ingin mengetahui bagaimana program yang sudah ada di Sleman dalam rangka agar kita juga bisa paham aplikasinya,“ ungkap Agung.

Aris menyampaikan bahwa pemerintah Sleman juga sedang menjalankan program internet gratis untuk 1.212 padukuhan. Program dengan tajuk Wifi Sleman untuk Sesarengan ini ditargetkan selesai di awal 2023. “Untuk 2021 kemarin sudah terpasang di 435 padukuhan,” ujarnya.

Kemudian dalam aksesnya, Diskominfo juga membatasi website-website yang sekiranya tidak mendidik dengan melakukan pemblokiran terhadap website tersebut. Hal ini bertujuan agar masyarakat, khususnya anak muda tidak mengakses apalagi sampai terpengaruh muatan konten yang negatif.

“Terkait dengan akses yang illegal dari internet yang kami sediakan, data center kami dapat mengelola konten yang negatif,” tambah Aris.

Langkah tersebut diharapkan agar masyarakat dapat mengakses konten-konten positif dalam rangka meningkatkan kesadaran mengenai internet sehat. (Rep Ivan)