Dalam rangka menjamin terlaksananya tertib administrasi dan tertib pengelolaan Barang Milik Daerah (BMD), Pemerintah Kabupaten Sleman melalui Badan Keuangan dan Aset Daerah menggelar Pelatihan Sensus BMD.

Pelatihan yang dilaksanakan dari Rabu (16/5) hingga Senin (4/6) di Ruang 3A Lantai 3 BKAD ini, dihadiri oleh pengelola aset daerah dari masing-masing Perangkat Daerah dan UPT Kabupaten Sleman.

Pelatihan Sensus BMD bekerjasama dengan Dinas Kominfo sebagai narasumber pelatihan secara teknis yang meliputi penjelasan website sensus aset dan android.

Kegiatan Sensus BMD sendiri bertujuan untuk mengetahui keakuratan data BMD, penyesuaian nilai aset tetap di neraca Pemerintah Kabupaten, dan sebagai bahan perumusan kebijakan pengelolaan BMD.

Nurhidayat, salah satu narasumber dari Dinas Kominfo Sleman, menyampaikan bahwa website sensus aset dan android ini dibangun Dinas Kominfo Sleman untuk mempermudah Perangkat Daerah dan UPT dalam pengelolaan sensus aset.

“Sebelumnya kan secara manual, kini Dinas Kominfo membantu memfasilitasi pengelolaan aset berbasis web dan android agar lebih efisien,” kata Nur.

Website sensus aset digunakan untuk mencetak label dan mengolah data BMD, sedangkan yang berbasis android digunakan untuk scan barcode.

“Pengelola menggunakan smartphone android untuk scan barcode barang kemudian dapat mengupdate kondisi barang tersebut apakah masih ada atau tidak” tambah Nur.

Dengan kemudahan update data barang melalui website dan android tersebut diharapkan Perangkat Daerah dan UPT di Kabupaten Sleman bisa lebih tertib dalam pengelolaan BMD.