Pembinaan website terus dilakukan Dinas Komunikasi dan Informatika Sleman untuk mendorong desa berperan aktif menyampaikan informasi ke masyarakat melalui digital.

Pembinaan berupa Bimbingan Teknis (Bimtek) di Laboratorium Komputer pada Kamis (12/9/2019) ini diikuti oleh 22 admin website perangkat daerah, Unit Pengelola Teknis, dan pemerintah desa.

Dwi Adi Laksono, Staf Layanan Informatika selaku narasumber Bimtek menyampaikan tentang penanganan berita bohong atau hoaks.

“Saat ini banyak berita hoaks yang muncul maka informasi di website pemerintahlah yang dipercaya akan kebenaran berita tersebut,” tukas pria yang akrab disapa Nono.

Selain berita hoaks, jenis informasi publik dan informasi yang dikecualikan juga disampaikan kepada para peserta sebagai bekal untuk mengelola website instansi masing-masing. Hal ini agar peserta yang notabene berkedudukan sebagai admin paham informasi apa saja yang boleh dan tidak boleh disebarluaskan ke masyarakat.

Selain itu, Bimtek ini juga memberi peluang bagi para peserta untuk berlatih mengupdate informasi di website masing-masing dengan dipandu narasumber.

Buku saku “Panduan Pengelolaan Website Berbasis WordPress” versi 1.0 juga diberikan kepada peserta agar dapat digunakan untuk mempraktikkan materi usai masing-masing peserta kembali ke instansinya.