Sleman – Pemerintah Kabupaten Sleman memberikan penghargaan kepada sejumlah Perangkat Daerah (PD) dan Unit Pelaksana Teknis (UPT) berprestasi dalam upacara bendera rutin yang diselenggarakan di Lapangan Pemda Sleman, Senin (19/2).

UPT LPSE Dinas Kominfo Sleman menjadi salah satu penerima penghargaan yang bertujuan untuk mendorong peningkatan pelayanan publik sesuai kebutuhan pengguna pelayanan ini. Dalam penghargaan tersebut, UPT LPSE Dinas Kominfo Sleman memeroleh peringkat terbaik kedua untuk kategori Unit Pelaksana Teknis.

Sebelumnya, UPT LPSE Dinas Kominfo Sleman berhasil masuk ke dalam 12 nominasi UPT dan Perangkat Daerah terbaik yang dikunjungi oleh Tim Penilai Kinerja Penyelenggaraan Pelayanan Publik Pemerintah Kabupaten Sleman tahun 2017. Penilaian ini diselenggarakan oleh Tim yang diketuai oleh Sekretaris Daerah, dengan anggota Bagian Organisasi, Bappeda, BKPP, dan Inspektorat.

Pemberian penghargaan tersebut merupakan kesimpulan dari Laporan Hasil Kinerja Pelayanan Publik Pemerintah Kabupaten Sleman Tahun 2017.

 “Dalam rangka untuk memacu kinerja PD di Pemerintah Kabupaten Sleman kita melakukan penilaian, untuk terus berinovasi memberikan pelayanan yang terbaik,” ungkap Sekretaris Daerah Sleman, Sumadi.

Sumadi menjelaskan mekanisme penilaian dilakukan tiap tahunnya terhadap dokumen Laporan Kinerja Penyelenggaraan Pelayanan Publik dan peninjauan ke Perangkat Daerah maupun UPT secara langsung.

“Untuk peningkatan pelayanan tiap tahun kita lakukan evaluasi,” kata sumadi.

Indikator yang digunakan oleh tim penilai meliputi Kepemilikan dan Publikasi Standar Pelayanan dan Maklumat Pelayanan, Pelaksanaan Survei Kepuasan Masyarakat, Media dan Penanganan Pengaduan Masyarakat, Sistem Informasi Pelayanan Publik, serta Inovasi Pelayanan Publik.

Sumadi mengharapkan dengan adanya pemberian penghargaan ini dapat memicu Perangkat Daerah yang lainnya untuk bekerja lebih optimal dan mempunyai standar yang baik.

 “Ke depannya sekitar tahun 2019 PD yang berhasil mendapatkan prestasi nasional sebagai bentuk apresiasi akan kita beri penghargaan yaitu memungkinkan kenaikan anggaran yang dialokasikan untuk peningkatan pelayanan dan kinerja Perangkat Daerah yang berprestasi tersebut,” jelas Sumadi.

Yudiarto Setiawan selaku Kepala UPT LPSE Sleman menambahkan harapannya melalui penghargaan ini. “Pelayanan publik UPT LPSE ke depan akan lebih baik dan akan lebih menunjang kelancaran pengadaan barang dan jasa yang ada di Kabupaten Sleman,” tutur Yudi.