Sleman – Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Sleman mengadakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Penulisan dan Foto Jurnalistik kepada admin subdomain kecamatan, perangkat daerah, dan anggota Saka Kominfo, Senin (16/3/2020) di Laboratorium Komputer, Dinas Kominfo Sleman.

Noor Hidayati, selaku Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik Dinas Kominfo Kabupaten Sleman mengatakan bahwa perlu bagi Dinas Kominfo Sleman mengetahui kesulitan yang dialami oleh admin subdomain di Kabupaten Sleman terkait proses pemberitaan di websitenya.

“Harapan kami dari teman-teman kecamatan ikut muncul dan menyampaikan informasi yang update dan yang diperlukan oleh masyarakat,” tuturnya.

Noor Hidayati pun mengharapkan admin subdomain mewakili perangkat daerah dapat selalu menyampaikan inovasi kegiatan dan pelayanan kepada masyarakat melalui websitenya.

Yuana, selaku narasumber Bimtek tak lupa mengimbau kepada para peserta untuk menulis konten dari sudut pandang pembaca dalam hal ini masyarakat.

“Saya harap tulisan peserta ini tidak hanya sekadar seperti laporan kegiatan saja, meskipun memang mengunggah tulisan di website ini bisa dibilang telah menggugurkan tanggungjawab peserta sebagai admin subdomain akan tetapi lebih baik tulisan tersebut memang tulisan yang memberikan manfaat bagi masyarakat,” jelas Yuana.

Yuana mengartikan tulisan yang memberikan manfaat adalah tulisan yang di dalamnya terdapat informasi yang benar-benar dibutuhkan masyarakat.

“Karenanya berita itu harus memiliki unsur 5W+1H namun kadang peserta lupa mencantumkan how atau bagaimana jalannya peristiwa tersebut sehingga tulisan seperti kurang informasi pendukung dan terlihat seperti deskripsi acara saja,” imbuhnya.

Meskipun demikian, Yuana tetap mengapresiasi kinerja admin perangkat daerah di kecamatan mengingat beban kerja masing-masing.

“Ke depan, semoga melalui Bimtek ini, peserta dapat meningkat dari sisi kualitas penulisan, baru kemudian dapat diikuti peningkatan kuantitasnya,” tukasnya. (Rep Septyan)