Di era digital ini, masyarakat bisa membuat berita meskipun tidak bekerja sebagai seorang jurnalis. Akan tetapi, tidak semua orang bisa menulis berita dengan baik dan benar sesuai kaidah yang ada.

Hal tersebut menjadi alasan diselenggarakannya Bimbingan Teknis (Bimtek) Pelatihan Jurnalistik untuk Forum Anak Kapanewon Prambanan pada Senin (29/3/2021). Bertempat di Laboratorium Komputer Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Sleman, acara tersebut digelar atas kerja sama Kapanewon Prambanan dan Diskominfo Sleman.

Dalam acara tersebut, Noor Hidayati ZP selaku Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik Diskominfo Sleman menyampaikan bahwa bimtek jurnalistik tersebut diadakan untuk memberi pengetahuan yang mumpuni soal berita kepada anak-anak di masa kini.

“Agar teman-teman semua bisa memahami bagaimana menulis berita dan paham mengenai berita-berita yang tersebar di masyarakat,” imbuh Noor Hidayati ZP.

Ia juga menyampaikan bahwa dengan adanya bimtek tersebut, para peserta yang merupakan bagian dari Forum Anak Kapanewon Prambanan bisa mengetahui dan menangkal informasi hoaks yang beredar di masyarakat.

Muhammad Faridz Maulana, Staf Media Center Diskominfo Sleman yang juga menjadi narasumber pada bimtek tersebut menjelaskan materi penulisan berita kepada para peserta yang hadir. Salah satu pembahasan yang turut dipaparkan dalam bimtek tersebut adalah seputar penulisan judul berita. “Hindari penulisan judul yang sensasional dan berlebihan sehingga terkesan menipu pembaca,” kata Faridz.

Ia menambahkan bahwa judul berfungsi untuk menarik perhatian pembaca, namun bukan berarti bahwa penulis boleh menampilkan judul yang mengandung informasi salah. Sebagai penulis berita yang bertanggung jawab, para peserta diharapkan untuk bisa memberikan informasi berupa fakta.

Selain itu, para peserta juga diberikan berbagai kiat-kiat penulisan berita yang baik dan benar. Beberapa di antaranya seperti penulisan berita sesuai struktur serta pengumpulan informasi melalui sumber-sumber berita.

Para peserta juga ikut dilibatkan selama proses pembelajaran berlangsung, mulai dari tanya-jawab hingga praktik membuat berita langsung di tempat berdasarkan materi yang telah diberikan.