Pemerintah Kabupaten Sleman melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) telah melakukan berbagai upaya dalam meningkatkan pelayanan informasi untuk masyarakat. Salah satunya adalah dengan mengadakan Monitoring dan Evaluasi (Monev) terhadap pelayanan informasi oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) setiap triwulan. Hasil dari Monev tersebut nantinya akan dikirimkan ke semua OPD yang ada di Sleman.

Ada banyak media pelayanan informasi untuk masyarakat yang dapat disediakan oleh OPD, salah satunya adalah melalui website resmi. Untuk memaksimalkan pelayanan informasi yang diberikan tersebut, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kalurahan (PMK) Kabupaten Sleman mengundang Dinas Kominfo Sleman untuk memberikan Sosialisasi Isian Website di OpRoom, Senin (26/4/2021).

“Hasil monev OPD kami masih kategori kurang, maka dari itu kami ingin tahu informasi apa saja yang harus ditambahkan di halaman website kami,” terang Sumarsih, Kepala Subbagian Umum dan Kepegawaian Dinas PMK. Sosialisasi sendiri diikuti oleh seluruh staf Kepegawaian dan beberapa perwakilan Bidang di Dinas PMK yang memiliki keterkaitan terhadap pengisian konten website.

Eka Pravalita, Staf Layanan Informatika Dinas Kominfo menyebutkan bahwa informasi publik yang dapat diakses oleh masyarakat meliputi informasi yang wajib diumumkan secara berkala, informasi yang wajib diumumkan setiap saat, dan informasi yang wajib diumumkan serta merta. Ketiga informasi publik tersebut harus selalu diperbarui di media resmi OPD, salah satunya website.

Ditambahkan oleh Eka, selain informasi publik, konten dan tampilan website Dinas PMK juga harus diperhatikan untuk menarik pengunjung website lebih banyak lagi.

“Jumlah pengunjung website akan meningkat jika admin selalu update konten, tentunya konten yang bermanfaat untuk masyarakat,” jelas Eka.

Selain tampilan yang menarik, isi konten berupa berita, pengumuman, dan artikel juga menjadi poin dalam penilaian monev. Eka mengambil contoh konten berita, yang menurutnya setiap berita yang dimuat di website harus berita yang memiliki manfaat dan layak dibaca.

“Yang jelas admin harus aktif mencari informasi dan sigap untuk membuat berita yang memenuhi unsur 5W + 1H, disertai dengan foto dokumentasi.” tambah Eka.

Pada kesempatan tersebut, Eka juga mengingatkan kepada pengelola website OPD, khususnya di Dinas PMK untuk dapat lebih maksimal lagi dalam mengelola website mereka, sehingga untuk Monev berikutnya mendapatkan hasil yang lebih baik.