Sleman – Badan Pusat Statistik (BPS) Sleman mensosialisasikan sensus penduduk secara online kepada Kelompok Informasi Masyarakat Kabupaten Sleman. Sensus Penduduk mandiri secara online tahun 2020 ini dimulai pada tanggal 15 Februari sampai 31 Maret 2020.

Kepala Seksi Statistik Sosial Badan Pusat Statistik Sleman, Paulus mengatakan, BPS melakukan sensus penduduk pada tahun 2020 ini dengan metode baru yaitu metode kombinasi. “Metode Kombinasi adalah kita menggunakan data dasar untuk melakukan sensus penduduk secara online,” pungkasnya pada acara Sosialisasi Kelompok Informasi Masyarakat Kabupaten Sleman yang digelar Dinas Kominfo Sleman, Kamis (6/2/2020) di Ngaglik, Sleman.

Sensus penduduk kali ini dijelaskan Paulus ada dua periode. “Yang pertama nanti pada tanggal 15 Februari yang mana 9 hari lagi itu kita mulai yang namanya sensus penduduk online sampai 31 Maret dan pendataan lapangan dimulai dari 1-31 Juli 2020,” jelasnya.

Paulus mengatakan sensus penduduk secara online ini memudahkan masyarakat untuk dapat melakukan sensus penduduk secara mandiri. “Bapak ibu sensus penduduk secara mandiri, menggunakan handphone atau komputer di rumah atau dimanapun dan kapanpun asal ada sinyalnya,” kata Paulus.

Paulus juga menambahkan, syarat untuk melakukan sensus penduduk secara online ini mudah. Masyarakat hanya perlu masuk melalui situs sensus.bps.go.id dengan menyiapkan Nomor Induk Kependudukan (NIK), nomor Kartu Keluarga (KK), bagi yang sudah menikah menyiapkan nomor Akta Nikah, bagi yang belum menyiapkan nomor Akta Kelahiran serta menjawab beberapa pertanyaan yang diberikan. (Rep Naci)