Sleman – Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sleman menerima kunjungan dari Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bantul di Sleman Smart Room, Kamis (30/01/2020).

Fenty Yusdayati selaku Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bantul menyampaikan tujuan dari kunjungan tersebut karena pihaknya ingin melaksanakan studi komparasi terkait dengan penerapan zona kawasan menara telekomunikasi di Kabupaten Sleman.

“Kami ingin mengetahui bagaimana kewenangan masing-masing OPD di Kabupaten Sleman bersinergi dalam hal menara telekomunikasi,” ungkapnya.

Purwati selaku Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sleman didampingi Agus Hermawan Kepala Seksi Pengendalian Telekomunikasi menyambut dengan hangat kunjungan tersebut.

Purwati menyampaikan terkait dengan penerapan zona kawasan menara telekomunikasi di Kabupaten Sleman yang mana seluruh pendirian menara telekomunikasi memerlukan rekomendasi. “Tipe-tipe menara telekomunikasi di Kabupaten Sleman sangat bervariatif dan tersebar di seluruh desa sehingga memerlukan rekomendasi dalam mendirikan menara telekomunikasi,” jelas Purwati.

Agus Hermawan menambahkan, di Kabupaten Sleman dalam sisi regulasi sudah memiliki Peraturan Daerah Kabupaten Sleman Nomor 6 Tahun 2018 tentang Perubahan Atas Peraturan Daerah Nomor 7 Tahun 2015 tentang Pengendalian Menara Telekomunikasi.

“Terkait zonasi di Kabupaten Sleman menggunakan zonasi kewilayahan yaitu urban, sub urban, dan rural, selain itu dalam pendirian menara mengacu standar baku tertentu sesuai dengan desain dan konstruksi jenis menara berdasarkan struktur bangunan Menara,” jelas Agus.

Studi komparasi ini diakhiri dengan sesi tanya jawab dan diskusi bersama.