Pemberlakukan Perpres Nomor 16 Tahun 2018 mulai 1 Juli 2018 menuntut semua pelaku pengadaan untuk melaksanakan proses pengadaan barang/jasa pemerintah pada sisa tahun anggaran 2018 dengan menggunakan aturan yang baru. Secara sistem aplikasi, SPSE versi 4.3 merupakan aplikasi SPSE yang telah sesuai untuk pelaksanaan/implementasi Perpres 16/2018. Aplikasi Sistem Pengadaan Secara Elektronik (SPSE) versi 4.3 yang dikembangkan oleh Direktorat Pengembangan SPSE Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) telah resmi diluncurkan pada 4 September 2018.

Menindaklanjuti hal tersebut, LPSE Kabupaten Sleman telah melakukan upgrade versi SPSE dari versi 4.2 menjadi versi 4.3. Ini dimaksudkan agar pelaku pengadaan (PPK, Pokja, Penyedia) dapat segera menerapkan proses pengadaan barang/jasa pemerintah sesuai aturan Perpres 16/2018. Tidak berhenti sampai disitu, LPSE Kabupaten Sleman juga telah melaksanakan bimbingan teknis operasional SPSE versi 4.3 kepada Pokja dan PPK pada tanggal 19, 24, dan 25 September 2018 untuk gelombang pertama.

Bimbingan teknis yang dipandu oleh tim teknis LPSE dilaksanakan di Ruang Laboratorium Komputer Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sleman. Materi yang disampaikan antara lain adalah cara pembuatan paket bagi PPK, proses pemilihan penyedia (tender dan tender cepat) bagi Pokja, e-kontrak bagi PPK, e-non tender bagi PPK, serta pengenalan aplikasi Helpdesk Support sebagai sarana pelaporan keluhan/permasalahan dari Pokja atau PPK kepada LPSE.

Pelaksanaan bimbingan teknis pada gelombang pertama ini diprioritaskan bagi PPK dan Pokja yang masih mempunyai paket untuk dilelangkan pada sisa tahun anggaran 2018. Dengan demikian, pelaksanaan pengadaan barang/jasa pemerintah di Kabupaten Sleman telah resmi menggunakan SPSE versi 4.3 per September 2018 sesuai dengan aturan Perpres 16/2018.