Kabupaten Sleman meraih penghargaan sebagai Kota Layak Anak (KLA) tingkat Nadya tahun 2021 dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kementerian PPPA) Indonesia. Penghargaan diterima langsung oleh Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo secara virtual melalui Zoom Meeting di Sleman Smart Room Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sleman, Kamis (29/7/2021).

KLA sendiri merupakan penghargaan yang diberikan oleh Kementerian PPPA RI kepada Kabupaten/Kota yang telah memiliki sistem pembangunan yang memenuhi hak dan pelindungan khusus anak secara terencana, menyeluruh, dan berkelanjutan. Penghargaan yang diberikan dibagi menjadi beberapa tingkat, yaitu tingkat Pratama, Madya, Nadya, dan Utama.

Menteri PPPA Indonesia, Bintang Puspayoga pada kesempatan tersebut menyampaikan bahwa pemenuhan dan perlindungan hak anak dalam pembangunan penting dilakukan, sebagai upaya untuk mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas dan berdaya saing.

“Apalagi jumlah anak masih sepertiga dari populasi Indonesia. Lebih dari itu, pemenuhan dan perlindungan khusus anak merupakan amanah konstitusi dari Undang-Undang Dasar Indonesia,” ungkap Puspa.

Sementara itu, Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo mengapresiasi penghargaan yang diberikan oleh Kementerian PPPA ini. Ia berharap, Kabupaten Sleman dapat meningkatkan prestasi yang diraih dengan kedepannya dapat membangun Sleman sebagai daerah yang lebih ramah terhadap anak.

“Semoga tahun depan Kabupaten Sleman dapat meraih Predikat KLA Utama,” ungkap Kustini. (Rep Rahayu)