Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Kecamatan Depok, Bank Sleman, dan DPRD Sleman menjadi yang terbaik di DIY dalam Penganugerahan Keterbukaan Informasi Publik yang diberikan oleh Komisi Informasi Daerah DIY di Hotel Tara, Jalan Magelang, Kota Yogyakarta, Sabtu (28/9/2019). Masing-masing menjadi yang terbaik untuk kategori kecamatan, BUMD, dan legislatif.

Selain itu Pemerintah Kabupaten Sleman juga menerima penghargaan kategori Apresiasi dalam Inovasi Implementasi Keterbukaan Informasi Publik. Penyerahan diberikan oleh Wakil Gubernur DIY Paku Alam X kepada Wakil Bupati Sleman Sri Muslimatun. Adapun badan publik lainnya yang juga memperoleh penghargaan adalah BKPP (terbaik 2 kategori OPD), Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (terbaik 5 kategori OPD), PPID Kabupaten Sleman (terbaik 3 kategori PPID Utama).

Wakil Bupati Sleman Sri Muslimatun mengatakan penghargaan tersebut diraih berkat kerja keras seluruh pihak terkait. Selain itu penghargaan tersebut juga menjadi salah satu upaya Pemkab Sleman untuk mendekatkan diri pada masyarakat dengan keterbukaan informasi.

Ia mengungkapkan pemerintah wajib menyediakan segala informasi yang dibutuhkan masyarakat. “Dengan transparansi, penyelenggaran negara dapat diawasi oleh publik sehingga kinerja pemerintahan dapat semakin dipertanggungjawabkan,” katanya.

Ia pun  berharap agar keterbukaan informasi di masyarakat dapat semakin meningkatkan pemahaman, kepedulian, sekaligus mendorong komitmen Pemerintah Kabupaten Sleman guna mendukung terwujudnya pemerintahan yang terbuka dan masyarakat yang partisipatif.

Penganugerahan Keterbukaan informasi Publik ini diberikan setelah KID DIY melakukan monitoring dan evaluasi yang dimulai sejak bulai Mei lalu. Dalam pelaksanaannya mereka bekerja sama dengan  Balai Pengembangan SDM dan Penelitian (BPSDMP) Yogyakarta, Universitas Aisyiyah Yogyakarta, dan Universitas Gadjah Mada. Prosesnya adalah penyebaran kuisioner, pencermatan website badan publik, visitasi, uji akses oleh para mahasiswa Unisa, dan presentasi oleh badan publik di hadapan tim penilai.