UPT LPSE (layanan pengadaan secara elektronik) melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) tentang ePurchasing kepada 10 pejabat pembuat komitmen atau pejabat pengadaan dari Dinas Pertanahan dan Tata Ruang (Dispertaru) Sleman, Kamis (25/1) pukul 08.30 WIB di Ruang Rapat Lantai 2 Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Sleman.

Bimbingan teknis ini dipandu langsung oleh tim trainer dari UPT LPSE Sleman. Penjelasan tentang eCatalogue dan ePurchasing ini, dilakukan untuk meningkatkan kelancaran pengadaan barang/jasa pemerintah yang dilakukan Dispertaru secara online.

ePurchasing sendiri merupakan tata cara pengadaan barang atau jasa pemerintah yang sudah memiliki sistem khusus yakni dengan aplikasi bernama eCatalogue. Hal ini diatur dalam Peraturan Presiden Nomor 54 Tahun 2010 tentang pengadaan barang/jasa pemerintah dan Peraturan Kepala LKPP nomor 6 tahun 2016 tentang katalog elektronik.

ePurchasing menjadi salah satu upaya LKPP untuk mendukung transparansi pengadaan barang/jasa melalui sistem katalog elektronik pengadaan barang atau jasa yang dilakukan oleh Kementerian/Lembaga/Satuan Kerja Perangkat Daerah/lnstitusi lainnya (K/L/D/I).

“Pengetahuan terhadap aturan-aturan ePurchasing dan eCatalogue ini perlu dipahami oleh unit-unit kerja yang akan mengaplikasikan eCatalogue sehingga diharapkan tidak terjadi kesalahan dalam pelaksanaan pengadaan barang atau jasa dan dapat berjalan dengan baik,” tutur Yudiarto Setiawan, Kepala UPT LPSE Sleman.

Selain menyampaikan materi Bimtek dalam bentuk penjelasan, peserta diberikan kesempatan untuk mempraktikkan cara pembelian melalui simulasi eCatalogue. Dengan simulasi ini diharapkan pelaksanaan ePurchasing yang akan dijalankan Dispertaru ke depannya dapat berjalan dengan baik.