Widi Susanto dari RBTV menyampaikan bahwa setiap orang bisa menjadi reporter.  “Perlu banyak latihan, tetapi semua bisa dipelajari dan akan mudah apabila telah terbiasa,” ujar Widi saat memberikan Bimbingan Teknik Reportase dan Editing Video di Laboratorium Komputer Dinas Kominfo Sleman, Rabu (18/12/2019).

Di hadapan peserta yang merupakan pegawai Pemkab Sleman, Widi menjelaskan bahwa merasa grogi di depan kamera itu adalah hal yang wajar. Selain itu, hal-hal lain yang penting diperhatikan dalam reportase adalah komposisi, make up, dan komunikasi antara kameramen dengan reporter.

Setelah praktik melakukan perekaman video di lapangan, peserta dibimbing untuk melakukan pengeditan dan penggabungan rekaman video menggunakan aplikasi Adobe Premiere Pro, serta mempertunjukkan hasil karya masing-masing peserta.

Tujuan diadakannya kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan teknologi bagi SDM perangkat daerah di bidang jurnalistik dan teknologi pengolahan audio visual untuk berbagai kepentingan pemerintah daerah.

Bekal kemampuan teknis SDM perangkat daerah ini diharapkan dapat dipergunakan untuk dapat membuat video reportase/pemberitaan berkaitan dengan kegiatan di masing-masing dinas.