Sleman – 250 Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Pemerintahan Kabupaten Sleman mendapatkan tanda kehormatan Satyalancana Karya Satya, salah satunya adalah Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Sleman, Intriati Yudatiningsih. Tanda kehormatan tersebut diberikan langsung oleh Bupati Sleman, Sri Purnomo, di Pendopo Parasamya Kabupaten Sleman pada Kamis (23/11).

Penghargaan yang diatur dalam Peraturan Pemerintah nomor 35 tahun 2010 ini menurut Sri Purnomo, diberikan kepada PNS yang telah melaksanakan tugasnya dengan baik. Penghargaan tersebut juga merupakan bentuk apresiasi Pemerintah Kabupaten Sleman kepada PNS yang selalu mengedepankan prinsip-prinsip kesetiaan, pengabdian, kecakapan, kejujuran, dan kedisiplinan.

“Perlu disadari bahwa untuk memperoleh tanda penghormatan ini, seorang PNS harus melalui tahapan-tahapan, di antaranya tahap 10 tahun, tahap 20 tahun, dan 30 tahun. Mereka mendapatkan penghargaan selama melaksanakan tugas kurun waktu itu dengan baik, tidak ada cacatnya, dan tidak ada hal-hal yang membuat penilaian itu menjadi jelek,” tambah Sri Purnomo.

Melalui pemberian penghargaan ini, Sri Purnomo berharap para PNS terus meningkat kualitas diri dalam berbagai aspek kehidupan. Sehingga, lanjutnya, PNS di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sleman mampu melayani masyarakat sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan zaman di eranya.

“Pemberian penghargaan tidak berarti sebuah puncak di dalam pengabdian. Namun, harus diletakkan sebagai sebuah pemacu untuk terus maju dengan sebuah tekad agar hari ini lebih baik dari hari kemarin, dan hari esok lebih baik lagi dari hari ini,” paparnya.

Hal ini diamini oleh Intri, yang telah kurang lebih memiliki masa bakti 34 tahun lamanya sebagai PNS. “Ini malah menjadi tantangan untuk meningkatkan kinerja yang lebih baik karena merasa memiliki tanggung jawab atas pemberian penghargaan,” tutur Intri.

Intri juga berpendapat bahwa penghargaan atau reward terhadap kinerja pegawai tidaklah harus berupa uang. “Karena reward itu kan tidak mesti dalam wujud uang tapi sebetulnya dalam wujud penghargaan ini sudah bagus sehingga pegawai bisa terpacu dengan adanya penghargaan ini untuk meningkatkan kinerja,” jelas Intri.

Intri berharap bahwa penghargaan ini mampu mendorongnya untuk dapat menjalankan tugas, fungsi, dan tata kerja sebagai Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Sleman. “Sebaik-baiknya, seoptimal mungkin sehingga apa yang menjadi tugas dan tanggung jawab itu benar-benar tercapai sesuai dengan apa yang dibuat di dalam perencanaan strategik dinas pada khususnya, maupun perencanaan jangka menengah daerah pada umumnya, dalam rangka mencapai visi-misi dari Bupati, termasuk smart city,” tambah Intri.

Rincian tanda kehormatan bagi 250 PNS adalah sebagai berikut, 125 orang tanda kehormatan 30 tahun, 122 orang tanda kehormatan 20 tahun, dan 3 orang tanda kehormatan 10 tahun. PNS yang mendapatkan penghargaan ini, sebelumnya diwajibkan memeroleh usulan dari OPD terkait. Untuk mendapatkan usulan tersebut, PNS harus memenuhi syarat dan penilaian kinerja yang baik dari tahun ke tahun. Selanjutnya usulan OPD ini akan disampaikan kepada Bupati melalui Badan Kepegawaian, Pendidikan, dan Pelatihan (BKPP) dan diserahkan Bupati kepada Presiden. Apabila usulan disetujui oleh Presiden, PNS tersebut baru berhak mendapatkan penghargaan tanda kehormatan ini.