Mendukung upaya pemberian respon aduan SP4N LAPOR! dan LAPOR SLEMAN yang cepat dan tepat, Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Sleman mengadakan Workshop SOP Narasi Respon Aduan LAPOR SLEMAN.

Bertempat di Ruang Media Center Dinas Komifo Sleman, acara yang berlangsung pada Kamis (24/6/2021) tersebut turut dihadiri oleh para pejabat penghubung SP4N LAPOR! dan LAPOR SLEMAN serta pendamping dari UI-CSGAR.

Syarifah Thurayyah, Admin Utama SP4N LAPOR! dan LAPOR SLEMAN, menyampaikan bahwa pembuatan SOP Narasi Respon Aduan menjadi penting mengingat ada banyak aduan yang masuk setiap tahunnya.

“Pada tahun 2020 saja ada lebih dari 3.500 aduan yang masuk,” jelasnya. Sehingga, pembuatan SOP Narasi Respon Aduan tersebut diharapkan akan membuat pelayanan aduan bisa menjadi lebih optimal dan memuaskan bagi masyarakat.

Salah satu saran untuk memaksimalkan respon layanan aduan dari Agus Mulyadi, redaktur Mojok.co yang bertindak sebagai narasumber, ada beberapa inovasi jawaban terutama untuk laporan yang diterima dari media sosial.

“Untuk media sosial ada bahasa sendiri yang penggunanya sebagian besar anak muda, nanti bisa ditambahkan dengan emoticon untuk mencairkan suasana,” kata Agus.

Selain itu, Noor Hidayati ZP selaku Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik Dinas Kominfo Sleman, menyatakan bahwa setiap aduan yang masuk akan dijaga kerahasiaannya, baik itu identitas pelapor maupun rincian laporan yang masuk.

“Dari aplikasi memang identitas pelapor dilindungi, informasi data pelapor masuk ke dalam Daftar Informasi yang Dikecualikan (DIK) sebagai bentuk jaminan keamanan kepada pelapor,” imbuh Ida.

Sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Sleman melalui Dinas Kominfo telah melakukan berbagai kegiatan sebagai salah satu dari enam daerah percontohan Proyek Kerja Sama KemenPANRB, UNDP, dan KOICA dalam Peningkatan Kapasitas Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) LAPOR!

Beberapa di antaranya adalah induksi program, workshop identifikasi strategi dan permasalahan, penyusunan workplan terkait penguatan SP4N LAPOR!, hingga konsultasi publik terhadap kelompok masyarakat dengan harapan LAPOR SLEMAN bisa turut mengakomodir kelompok rentan.