Keamanan informasi menjadi poin penting dalam pertemuan rutin Forum Komunikasi Sandi Daerah (Forkomsanda) DIY di Bamboo Hall Ingkung Kuali Bantul, Selasa (20/8/2019).

Beni Kusumbada, Kepala Bidang Pengamanan Informasi dan Persandian Dinas Kominfo DIY menyampaikan, semakin berkembangnya teknologi informatika untuk pelayanan publik maka semakin banyak juga ancaman terhadap keamanan informasi yang digunakan.

Oleh karena itu, petugas sandi maupun tim penanggulangan dan pemulihan terhadap gangguan keamanan informasi diperlukan baik di tingkat kabupaten/kota, provinsi, maupun nasional.

Kawuniningrum, Kepala Bidang Penyelenggaraan Egov dan Persandian Dinas Kominfo Bantul menambahkan melalui forum ini diharapkan dapat terjalin komunikasi dan sinergitas antar Unit Teknis Persandian (UTP).

“Utamanya dalam penyusunan program kegiatan, pelaksanaan tugas, maupun penyelesaian permasalahan yang timbul,” kata Kawuningrum saat membuka acara Forkomsanda.

Selain itu, melalui forum ini Kawuningrum mengharapkan para petugas sandi maupun unsur pendukung dapat saling bekerjasama meningkatkan kemampuan dalam bidang persandian.

Forkomsanda ini diikuti oleh Dinas Kominfo Kabupaten/Kota, Pemda DIY, dan UTP dari jajaran Polres, Polda, Kodim, Korem, Kejati, dan Lanud.