Sleman – Dalam rangka penguatan tugas penyebarluasan informasi, Pemerintah Kapanewon Ngemplak mengukuhkan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Lumintu Ngemplak pada Senin (25/07/2022) bertempat di Pendopo Kapanewon Ngemplak.

Pengukuhan tersebut dilakukan secara langsung oleh Panewu Ngemplak, Sumariyah, sesuai dengan Surat Keputusan Panewu Ngemplak dengan menunjuk Minto Harsono sebagai Ketua KIM Lumintu Ngemplak periode 2010-2024. Dalam susunan pengurus baru, KIM Lumintu Ngemplak kini terdiri dari berbagai unsur, mulai dari pendidik, pelaku UMKM, hingga generasi milenial.

Sumariyah, dalam sambutannya menyampaikan selamat kepada pengurus baru dan berharap agar KIM Lumintu Ngemplak dapat menyampaikan informasi sekaligus mendidik masyarakat untuk menangkal berita bohong (hoaks).

“KIM sebagai bentuk pengabdian untuk bisa mencerdaskan masyarakat karena dengan informasi, masyarakat dapat menjadi lebih cerdas untuk memilah dan memilih serta tidak mudah terpengaruh berita bohong,” imbuh Sumariyah.

Sejalan dengan hal tersebut, Noor Hidayati ZP selaku Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Sleman menyampaikan harapannya agar masyarakat Kapanewon Ngemplak dapat lebih berkembang seiring dengan pengukuhan pengurus baru KIM Lumintu Ngemplak.

“Semoga ini menjadi pertanda untuk bapak dan ibu melaksanakan pengabdian dan berjuang di dalam mengembangkan masyarakat informasi. Artinya, bagaimana masyarakat kita melek informasi, tidak sekedar membaca, tapi tahu sumber berita yang benar dan bisa membeda serta memilahkan mana informasi yang benar dan mana yang hoaks,” tutur perempuan yang biasa dipanggil Ida tersebut.

Menurutnya, yang terpenting saat ini adalah bagaimana KIM bisa mengedukasi masyarakat untuk tidak serta merta mempercayai informasi yang tidak jelas sumbernya.

Selain itu, Ida juga menjelaskan bahwa menurut Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 8 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Urusan Pemerintahan Konkruen Bidang Komunikasi dan Informatika, KIM dan pemerintah memiliki kedudukan setara sebagai mitra. Sehingga, baik Diskominfo maupun Pemerintah Kapanewon Ngemplak akan terus berupaya untuk mendampingi dan mendukung keberadaan KIM Lumintu Ngemplak.

“Kami sangat menunggu berita-berita terkait Kapanewon Ngemplak dari teman-teman KIM. Semoga ke depannya Kapanewon Ngemplak dan seluruh potensinya dapat dikenal seluruh Indonesia bahkan dunia,” pungkas Ida.