Perbedaan antara Perki Nomor 1 Tahun 2010 dengan Perki Nomor 1 Tahun 2021 tentang Standar Layanan Informasi Publik menjadi topik bahasan dalam pertemuan Forum Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) se-Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yang digelar di Kuliner Bu Mantan, Dusun Tulung, Kalurahan Srihardono, Kapanewon Pundong, Kabupaten Bantul, Senin (25/10/2021).

Agus Purwanta, Komisioner KID DIY memaparkan terkait dengan perbedaan antara Perki Nomor 1 Tahun 2010 dan Perki Nomor 1 Tahun 2021 tentang Standar Layanan Informasi Publik. Menurutnya, ada beberapa hal yang lebih dijabarkan pada Perki Nomor 1 Tahun 2021, terutama mengenai akses informasi untuk penyandang disabilitas

“Dalam Perki Nomor 1 Tahun 2021 beberapa item lebih didetailkan, dalam standar pelayanan yang dulu terdiri lima item sekarang menjadi tujuh item. Di antaranya terkait pengumuman dan penyebarluasan informasi publik wajib memperhatikan aksebilitas bagi penyandang disabilitas,” ujar Agus.

Dalam paparannya, Agus juga menjelaskan beberapa perubahan lain dalam Perki Nomor 1 Tahun 2021, seperti perubahan istilah PPID Pembantu menjadi PPID Pelaksana.

Forum PPID DIY sendiri adalah ajang silaturahmi dan komunikasi antar PPID kabupaten dan kota serta sebagai wadah menyinergikan program pemerintah dalam menerapkan keterbukaan informasi publik. Forum ini dihadiri perwakilan PPID dari Kabupaten Sleman, Bantul, Kulon Progo, Gunung Kidul, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, dan KID DIY.