Sleman – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Sleman mengadakan sosialisasi terkait pelayanan informasi publik. Sosialisasi diadakan pada hari Rabu (11/03/2020) di Ruang Rapat Badan Kesbangpol Kabupaten Sleman dengan mengundang Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sleman sebagai narasumber.

Dalam sambutannya, Ahmad Yuno Nurkaryadi selaku Sekretaris Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Sleman mengatakan tujuan sosialisasi ini untuk meningkatkan pengetahuan tentang Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID).

“Tujuan saya mengumpulkan teman– teman di sini itu gunanya untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas masing–masing dari kita selaku Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi,” ungkap Yuno.

Terkait dengan Pelayanan Informasi Publik, dalam pemaparannya Noor Hidayati selaku Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sleman menyampaikan bahwa tugas dan tanggung jawab sebagai PPID adalah melaksanakan pelayanan informasi publik pada perangkat daerah dalam hal ini Kesbangpol, menyusun dan menyampaikan daftar informasi publik yang dikuasai oleh Kesbangpol, melaporkan pelaksanaan pengelolaan dan pelayanan informasi publik, serta melakukan pemutakhiran informasi publik.

Noor hidayati juga menggarisbawahi, penting adanya verifikasi identitas dari pemohon informasi. “Pemohon punya hak akan informasi tetapi perlu adanya verifikasi mendalam terkait identitas pemohon dan untuk tujuan apa informasi yang diminta tersebut,” jelasnya.

Selain itu, Noor Hidayati menambahkan, perlu adanya partisipasi semua bidang dalam menyediakan informasi.

“Penyediaan informasi ini perlu dukungan dan partisipasi dari semua bidang, seksi, subbag sehingga dapat memberikan pelayanan informasi yang baik bagi masyarakat,” imbuhnya. (Rep Naci)