Menyikapi pentingnya melakukan edukasi secara daring pada masa pandemi ini, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sleman mengadakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Media Promosi Kesehatan, Selasa (9/2/2021) yang diikuti oleh perwakilan Puskesmas se-Kabupaten Sleman.

Kegiatan yang diadakan di Aula Unit I Pemda Sleman ini menghadirkan narasumber dari Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Sleman, yaitu Kelik Endratno Subroto yang menyampaikan materi Optimalisasi Zoom Meeting dan Google Meet untuk Edukasi Berbasis Virtual, dan Dwi Adi Laksono, yang membahas mengenai Pemanfaatan Aplikasi Android untuk Pembuatan Poster dan Infografis.

Kelik dalam pembukaan materinya menyapaikan bahwa kegiatan ini dibuat agar para petugas di puskesmas nantinya dapat melakukan edukasi virtual kepada masyarakat. “Baik itu edukasi online meeting via Aplikasi Zoom Meeting, ataupun Google Meet,” ungkapnya.

Kemudian Kelik memulai penjelasan mengenai tata cara penggunaan Aplikasi Zoom Meeting maupun Google Meet secara rinci, mulai dari tata cara mengikuti pertemuan, membuat ruang meeting, menjadi host dan co-host, merekam hasil pertemuan, sharing screen, dan hal lainnya.

Ia juga menjelaskan jenis akun Zoom Meeting yang dapat dipergunakan, yaitu akun gratis dan akun berbayar. “Fitur keduanya pasti berbeda, kalau zoom yang berbayar tidak ada limit jumlah peserta zoom dan tidak ada batasan waktu pemakaian,” terangnya.

Akun berbayar menurut Kelik juga dapat dikombinasikan langsung untuk live streaming melalui beberapa platform live streaming, seperti Facebook, Youtube, dan beberapa akun media sosial lainnya.

“Berbeda dengan akun Zoom gratis yang hanya dapat digunakan selama 40 menit dan pesertanya terbatas sejumlah 100 orang saja. Harga yang ditawarkan untuk zoom berbayar juga bermacam-macam kisaran Rp 30.000 sampai Rp 40.000 per bulannya,” jelas Kelik

Pada kesempatan tersebut, Kelik juga mengingatkan kepada para peserta mengenai kebiasaan yang harus dilakukan ketika sedang mengikuti pertemuan via aplikasi meeting daring, seperti tidak lupa mematikan microphone ketika sedang tidak berbicara.

“Agar dapat mendengar pemateri dengan jelas dan tidak mengganggu pertemuan yang sedang berlangsung,” imbuhnya

Sementara, pada sesi kedua mengenai Pemanfaatan Aplikasi Android Untuk Pembuatan Poster dan Infografis yang disampaikan oleh Dwi Adi Laksono, para peserta diajak untuk berkenalan dengan aplikasi pembuatan grafis sederhana seperti Canva.

Menurut Dwi, Canva merupakan aplikasi sederhana yang mudah untuk digunakan untuk membuat grafis, baik itu berupa poster maupun infografis. “Dari beberapa aplikasi yang ada, yang top dari pencarian google adalah aplikasi canva,” ujar Dwi.

Selain itu, Ia juga memaparkan mengenai beberapa macam infografis yang dapat dibuat untuk membuat penyajian data lebih mudah dan menarik, baik itu berupa infografis 3D maupun 4D yang biasa terdapat di platform Youtube.

“Melalui infografis, penyajian data akan menjadi lebih mudah dan tidak berbelit,” tutupnya. (Rep Hida)