Aduan masyarakat merupakan masukan penting bagi pemerintah yang digunakan untuk mengetahui berbagai permasalahan yang terjadi sehingga dapat menyusun kebijakan yang tepat sasaran. Untuk itulah Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) melakukan kunjungan ke Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Sleman untuk saling berbagi informasi mengenai pelayanan pengaduan, Rabu (25/4). Pertemuan yang bertempat di Sleman Smart Room ini diharapkan dapat meningkatkan pelayanan pengaduan kepada masyarakat, salah satunya melalui Layanan Asprasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR!) melalui Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N).

Selain melalui LAPOR! SP4N, masyarakat dapat melayangkan aduan kepada Kemendes PDTT melalui berbagai kanal yang disediakan, yaitu pesan singkat (SMS center) 081288990040 dan 087788990040, telepon (call center) 1500040, serta media sosial resmi FB @kemendesa.1 dan twitter @kemendesa. Kanal tersebut dikelola oleh Subbagian Layanan Pengaduan Masyarakat yang berada di Bagian Informasi dan Pelayanan Pengaduan (IPP), Biro Humas dan Kerjasama. Dari kanal-kanal tersebut, pesan singkat paling sering digunakan masyarakat untuk mengirimkan aduan ke Kemendes PDTT, rata-rata Kemendes PDTT menerima 100 pesan singkat per hari.

Serupa dengan itu, Pemerintah Kabupaten Sleman juga menyediakan berbagai kanal aduan bagi warga antara lain melalui aplikasi Lapor Sleman yang dapat diunduh pada ponsel berbasis android, yang juga telah terintegrasi dengan sistem LAPOR SP4N. Kanal ini paling banyak digunakan untuk aduan warga dibandingkan dengan kanal lain yang disediakan yaitu website slemankab.go.id, email lapor@slemankab.go.id, sms 08112595000, telepon 0274-868405 pesawat 7124, serta media sosial resmi FB Pemkab Sleman dan Twitter @kabarsleman. Kanal aduan warga ini dikelola oleh Seksi Komunikasi Publik dan Pelayanan Pengaduan, pada Bidang Informasi dan Komunikasi Publik, Diskominfo Kabupaten Sleman.

Dalam pertemuan tersebut hadir empat orang dari Bagian Informasi dan Pelayanan Pengaduan (IPP), Biro Humas dan kerjasama, Kemendes PDTT, dan empat orang dari Bidang Informasi dan Komunikasi Publik Diskominfo Kabupaten Sleman.