Dengan pemberlakuan Perpres 16 Tahun 2018 tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah, dimana penyusunan Perencanaan Pengadaan dilakukan oleh PPK, maka pada Sistem Informasi Rencana Umum Pengadaan (SiRUP) saat ini (versi 2.3) juga menyesuaikan dengan adanya tambahan pengguna yaitu user PPK.

Menindaklanjuti hal tersebut, Bagian Pembangunan Setda Kab. Sleman mengundang PA/KPA dan PPK masing-masing OPD untuk mengikuti Pengenalan dan Bimtek SIRUP versi 2.3 dengan LPSE sebagai narasumbernya. Pelaksanaan kegiatan ini selaras dengan pemberlakuan Perpres No 16 Tahun 2018 per 1 Juli serta untuk persiapan input RUP sesuai perubahan anggaran Pemerintah Daerah tahun 2018 yang akan segera ditetapkan dalam APBD.

Pendampingan oleh LPSE tersebut dilaksanakan secara bertahap sebanyak lima angkatan yang sudah dimulai pada tanggal 2 Agustus 2018 kemarin. Selanjutnya pelaksanaan pendampingan akan dilaksanakan pada tanggal 7, 8, 20, dan 21 Agustus 2018 bertempat di Laboratorium Komputer Dinas Kominfo.

Acara dibuka oleh Kasubag Pengendalian Pembangunan, Wiwin Taruna Susila, SP, M.Si, yang menyampaikan kebijakan terkait pengendalian pembangunan utamanya pada pengadaan barang/jasa di lingkup Pemkab Sleman serta beberapa informasi tentang perubahan anggaran 2018. Selanjutnya acara diisi oleh tim teknis LPSE Sleman.

Dalam pelaksanaan pendampingan tersebut, peserta terlebih dahulu diberikan paparan kebijakan terkait keterlibatan PPK di dalam perencanaan pengadaan serta tugas dan kewenangan PPK dan PA/KPA sesuai dengan Perpres No 16 Tahun 2018 yang mengalami perubahan dari Perpres sebelumnya. Paparan disampaikan oleh Kepala UPT Layanan Pengadaan Secara Elektronik Kab. Sleman. Kemudian acara dilanjutkan dengan praktek secara langsung cara revisi RUP maupun pengisian RUP pada aplikasi SIRUP 2.3 yang dipandu oleh tim teknis LPSE.

Antusias peserta dalam mengikuti acara tersebut cukup tinggi, sehingga beberapa peserta merasa waktu yang disediakan dalam acara tersebut masih dirasakan kurang. Untuk itu beberapa OPD berencana menindaklanjutinya dengan mengundang tim LPSE untuk melaksanakan pendampingan di OPD masing-masing.