Pemerintah Kabupaten Sleman telah mengikuti Penilaian Evaluasi Tahap I dalam Rangka Program Gerakan Menuju 100 Smart City 2020 secara daring, Senin (23/11/2020) bertempat di Sleman Smart Room Dinas Kominfo.

Sebelumnya Pemkab Sleman telah mengisi kuesioner online pada tanggal 9 November 2020 yang terdiri dari lima dimensi (Baseline, Output, Outcome, Impact dan Quick Wins) dan berbagai file pendukung dari kelima dimensi tersebut diperoleh dari Perangkat Daerah terkait.

Program ini merupakan kerjasama antara Kementerian Kominfo dengan Kementerian Dalam Negeri, Kementerian PUPR, Kementerian PPN/Bappenas, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Kementerian Keuangan, Kementerian PAN dan RB, dan Kompas Gramedia.

Penilaian daring tersebut diikuti Bupati Sleman dan Perangkat Daerah terkait, dan Tim Asesor Evaluasi Gerakan Menuju 100 Smart City 2020 dari Kemenkominfo.

Bupati Sleman, Sri Purnomo memaparkan Potret Pembangunan Sleman Smart Regency dan Inovasi Pelayanan yang sudah berjalan di Sleman.

Sri Purnomo juga memaparkan 6 pilar Smart City dilengkapi dengan berbagai program pendukung layanan pemerintah yang berdampak kepada masyarakat. 6 pilar tersebut adalah Smart Governance, Smart Branding, Smart Living, Smart Economy, Smart Environment, dan Smart Society.

Dalam paparannya, Sri Purnomo juga menyinggung terkait Program Percepatan Pemkab Sleman yang kini menyesuaikan dengan kondisi pandemi saat ini yaitu, penanggulangan pandemi Covid-19, pemberdayaan menuju ekosistem ekonomi digital, dan akselerasi elektronifikasi transaksi.