Akses layanan internet di area Kantor Kapanewon Turi dan sekitarnya kembali normal setelah dilaksanakan pemindahan perangkat jaringan pada Kamis (16/12/2021) oleh Staf Bidang Infrastruktur Teknologi Informasi dan Pengendalian Telekomunikasi Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Sleman.

“Proses pemindahan perangkat jaringan dari tower lama ke tower baru. Kondisi tower ada bagian yang mulai keropos dan usia tower sudah cukup lama,” tutur Legino, salah satu Staf Dinas Kominfo Sleman.

Sebagai satu komponen untuk memperluas area jangkauan internet, keberadaan menara harus menjadi perhatian khusus. Dikhawatirkan jika tetap digunakan akan mengakibatkan layanan internet terganggu.

Legino menambahkan, pemindahan tersebut dilakukan agar layanan internet tetap stabil dan jika ada maintenance perangkat di menara tidak membahayakan kondisi staf yang bertugas.

Dalam proses pemindahan perangkat jaringan tersebut terjadi downtime selama 30 menit untuk setiap perangkat. Hal itu meliputi proses pemindahan perangkat ke menara baru, pointing ulang, serta tes koneksi.

Downtime selama 30 menit untuk setiap perangkat. Prosesnya mulai dari pemindahan, pointing ulang dan tes koneksi,” ujarnya.