Sleman – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Sleman menerima kunjungan kerja dari Diskominfo Pemalang di Smart Room Diskominfo Sleman, Rabu (12/1/2022). Kunjungan kerja dilakukan sebagai upaya Diskominfo Pemalang dalam mempelajari bagaimana pengelolaan kinerja di Diskominfo Sleman.

“Kami ingin melihat secara dekat yang kami terima di Sleman ini melalui smart city-nya dan media centernya. Kami bermimpi untuk mendekat ke Sleman seperti apa kendalanya, regulasinya, dan SOP-nya,” ungkap Sekretaris Diskominfo Pemalang, Joko Ngatmo.

Membahas mengenai media center, Noor Hidayati ZP, Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik Diskominfo Sleman menjelaskan bahwa Media Center Sleman banyak dibantu oleh Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) dalam memperoleh berita, dengan pendampingan dari Diskominfo Sleman. Berita yang diproduksi akan dikirim ke Diskominfo Sleman untuk diseleksi oleh tim redaksi sebelum dimasukan di media center dan info publik.

“KIM akan membuat tulisan atau berita terkait kejadian, kegiatan, atau inovasi yang ada disekitarnya kemudian dikirim ke kami lewat group WA, kami ada tim redaksi yang nanti akan mengoreksi kemudian kita ubah di web media center dan ke info publik,” ungkap wanita yang biasa disapa Ida ini.

Sementara dalam pengelolaan website, Dedy Dwi Cahyono, Sub-Koordinator Kelompok Substansi Layanan Informatika Bidang Layanan e-Government dan Persandian Diskominfo Sleman menuturkan bahwa setiap perangkat daerah dapat melakukan konsultasi dengan Diskominfo, baik konsultasi mengenai pengembangan website maupun perencanaan website. Namun pengelolaan website dan pengelolaan aplikasi tetap dilaksanakan oleh masing-masing perangkat daerah.

SOP yang dimiliki hanya SOP pembuatan sub domain dan melakukan kerja sama dengan seksi data center. “Walaupun kami yang membuat SOP-nya, tapi pelaksanaan seperti menyiapkan server dan membuat sub domain adalah tugas seksi data center,” imbuh Dedy. (Rep Qhasmal)