Sleman – Dinas Komunikasi dan Informatika Sleman (Diskominfo) menyelenggarakan Monitoring dan Evaluasi Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) Lapor! dan Lapor Sleman di Ruang Rapat Lantai 3 Sekda Sleman, pada Selasa (02/11/2021). Monev diikuti oleh seluruh Admin Lapor Sleman dari masing-masing OPD di Kabupaten Sleman.

Eka Suryo Prihantoro, Kepala Diskominfo Sleman mengatakan penyelenggaraan monev ini dilakukan agar pengelolaan aduan dari masyarakat dapat dilakukan secara maksimal. “Karena saat ini masyarakat menuntut pelayanan pengaduan dapat dilakukan semakin cepat,” ujarnya.

Menurut Eka, kegiatan monitoring dan evaluasi ini dilakukan untuk memantau kinerja kanal aduan di Pemkab Sleman, serta mencari solusi atas kendala dan hambatan yang dihadapi dalam pelayanan pengaduan.

Hal senada juga disampaikan oleh Aji Wulantara, Asisten Sekda Sleman Bagian Pemeritahan dan Kesejahteraan Rakyat. Menurutnya, di era kemajuan teknologi informasi ini, kecepatan dan ketepatan penanganan aduan masyarakat dapat mendorong terwujudnya pemerintahan yang responsif sehingga penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan dapat dilaksanakan secara optimal.

“Pemerintah dituntut untuk dapat memaksimalkan SDM yang ada dalam pelayanan pengaduan secara efektif, berdaya, dan berhasil guna,” ujarnya.

Melalui kegiatan ini, Aji berharap kapasitas pelayanan aduan masing-masing OPD dapat ditingkatkan, sehingga dari setiap aduan yang masuk dan ditindaklanjuti dapat berperan untuk mewujudkan Kabupaten Sleman yang lebih baik.

Pada monev, Noor Hidayati Zakiyah Pramulani, Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik Diskominfo Sleman memaparkan beberapa data pengaduan warga Sleman yang masuk selama periode Januari-September 2021, di antaranya jumlah aduan yang masuk dan yang sudah ditindaklanjuti, serta kanal aduan yang sering digunakan oleh warga. (Rep Salsa)