Sleman – Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menyelenggarakan bimbingan teknis (bimtek) pembuatan vlog dan editing video hasil vlog yang diikuti oleh Pandu Digital Kabupaten Sleman bersama Saka Kominfo dan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) di Lab Komputer Dinas Kominfo Kabupaten Sleman, Minggu (27/10/2019). Kegiatan ini menghadirkan narasumber pakar digital dari Sleman Creative Space, Dony Ignazio didampingi Yoga, sebagai mentor editing video.

Bimtek dibuka oleh Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik Dinas Kominfo Sleman, Noor Hidayati, didampingi Kepala Seksi Pengelolaan Informasi Publik, Yudiarto Setiawan. “Di zaman digital ini, jurnalistik bukan hanya berupa tulisan saja. Namun, bisa berbentuk video untuk menyampaikan berita atau informasi kepada masyarakat. Sehubungan dengan itu, Dinas Kominfo Sleman mengadakan bimtek vlog bagi pegiat informasi yang berada didalam keluarga besar Kominfo Sleman,” tutur Noor Hidayati.

Sebelum peserta melakukan praktik membuat rekaman video, Dony Ignazio memberikan paparan mengenai tips pembuatan vlog bagi pemula agar hasil karya vlog lebih menarik dan tidak menyalahi dari segi artistiknya.

Dony menyampaikan, pengertian vlog adalah sebuah video yang mempunyai tema tertentu yang dikemas dalam konsep dokumentasi jurnalistik dan dimuat dalam sebuah website. Biasanya video vlog berisi tentang ketertarikan, opini maupun pikiran, hampir mirip dengan tayangan televisi, walaupun dalam proses pembuatannya tidak serumit pembuatan tayangan televisi.

“Vlog dapat dibikin menggunakan kamera maupun smart phone ditambah peralatan pendukung seperti tripod, gimbal, dan mic nirkabel untuk menghasilkan video yang kualitas gambar dan audionya bagus. Selain peralatan, perlu mempersiapkan tema dan materi vlog yang akan dibuat, serta menentukan lokasi pengambilan gambar yang disesuaikan dengan alur ceritanya,” ungkap Dony.

Setelah melakukan perekaman video di lapangan, peserta dibimbing untuk melakukan pengeditan dan penggabungan rekaman video menggunakan aplikasi Adobe Premiere Pro, serta mempertunjukkan hasil karya masing-masing kelompok peserta. (Adnan Nurtjahjo|KIM Pararta Guna Gamping)