Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sleman melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Sleman menggelar rapat koordinasi membahas teknis monev Keterbukaan Informasi Daerah (KID) DIY 2021 dan mengevaluasi teknis monev KID tahun 2016-2020 untuk Kab.Sleman, Selasa (15/6/2021).

Rapat koordinasi ini berlangsung di Aula Lantai 3 Sekretariat Daerah Kabupaten Sleman dan dihadiri langsung oleh seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang berada di Kabupaten Sleman.

Noor Hidayati ZP, selaku Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik Dinas Kominfo Sleman mengatakan kondisi dan hasil KID dalam kurun waktu 4 tahun (2016-2020) mengalami penurunan yang luar biasa. Ada 3 poin yang harus diperhatikan yaitu Self-Assessment Questionnaire (SAQ), Website dan Uji Akses. Adapun hal spesifik yang mengalami penurunan yaitu pada point uji akses, tepatnya pada kurangnya atau rendahnya aktivitas pengecekan informasi di email yang sudah dikirimkan oleh pihak pemohon.

“Diharapkan untuk selalu mengecek email yang masuk dan selalu merespon pelayanan yang telah disediakan di website,” ujar Noor Hidayati.

Noor Hidayati juga menambahkan pada monev KID tahun 2021 ini, badan publik yang mengikuti penilaian akan ada penambahan, yaitu PDAM Sleman.

Sementara itu, Agastya Dedy Kusuma, Pengolah Data Penyuluhan dan Layanan Informasi pada Seksi Pengelolaan Informasi Publik Dinas Kominfo Sleman menjabarkan mengenai tata cara pengisian kuesioner yang akan dilakukan. Ia mengatakan bahwa setiap pengisian, ada link yang harus dicantumkan.

“Di kolom pada pengisian link tersebut usahakan link yang di copypaste tersebut harus langsung merujuk kedokumen yang dimaksud. Belajar dari SAQ sebelumnya bahwa kita harus berlomba-lomba dalam mengisinya,” imbuh Agas.

Pada monev yang dilakukan sebelumnya, tidak sedikit Admin OPD yang mengalami masalah dalam mengakses email maupun login menggunakan email di portal E-Monev.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Seksi Pengelolaan Informasi Publik Dinas Kominfo Sleman, Yudiarto Setiawan menjelaskan jika ada email yang error atau kendala dalam mengakses diportal E-Monev, maka segera menginformasikan kepada pihak Dinas Kominfo

“Informasi akan saya masukan semua melalui grup whatshapp yang kita miliki dan apabila ada informasi yang kita dapatkan, kita share bersama,” ucap Yudi. (Rep Yoga)